PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KEMANGI (Acimum spp) DALAM PAKAN TERHADAP PERFORMANS AYAM BROILER

  • Estepanus Landra Sukaharto Tumba, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Mery Christiana Simanjuntak, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: ayam broiler, tepung daun kemangi, performans

Abstract

Ayam broiler merupakan jenis ayam ras unggul yang mempunyai sifat genetic tinggi khususnya dalam pertumbuhan. Perkembangan peternakan ayam broiler terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan karena selain pertumbuhannya yang cepat, dagingnyapun mempunyai cita rasa yang enak dan empuk serta harganya relatif terjangkau oleh masyarakat. Penggunaan tanaman herbal sebagai obat-obatan dalam medis saat ini mulai meningkat, yang terlihat dari banyaknya obat-obatan tradisional pabrikan yang beredar di pasaran.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun kemangi  sampai dengan taraf 12 %  terhadap performans ayam broiler. Penelitian ini di laksanakan selama 28 hari (4 minggu), mulai tanggal 10 Juni sampai dengan tanggal 08 Juli 2018 di kandang yang berlokasi di Kelurahan Morgo, Nabire. Penelitian dilaksanaan secara eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL).  Perlakuan yang diterapkan pada ayam broiler ini adalah penambahan tepung daun kemangi yang dicampurkan dalam pakan dengan taraf yang berbeda sebagai berikut : P0 = Tanpa penambahan tepung daun kemangi sebagai control, P1= Penambahan tepung daun kemangi 4% dari total kebutuhan pakan, P2 = Penambahan tepung daun kemangi 8 % dari total kebutuhan pakan, P3 = Penambahan tepung daun kemangi 12 % dari total kebutuhan pakan. Setiap perlakuan diulang tiga (3) kali, sehingga terdapat dua belas (12) satuan percobaan, dan setiap satuan percobaan terdiri dari tiga (3) ekor ayam sehingga jumlah keseluruhan ayam yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 36 ekor. Vareabel yang diamati dalam penelitian ini adalah performan produksi yang meliputi : Konsumsi Pakan, Pertambahan Bobot Badan, Konversi Pakan.

Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa penambahan tepung daun kemangi ke dalam pakan tidak berpengaruh (P>0) terhadap konsumsi pakan antar taraf. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa penambahan tepung daun kemangi ke dalam pakan tidak berpengaruh (P > 0,05) terhadap pertambahan bobot badan (PBB). Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa perlakuan dengan penambahan tepung daun kemangi kedalam pakan tidak berpengaruh (P > 0,05) terhadap konversi pakan. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa perlakuan dengan penambahan tepung daun kemangi kedalam pakan tidak berpengaruh (P > 0,05) terhadap bobot karkas dan persentase karkas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penambahan tepung daun kemangi ke dalam pakan sampai dengan taraf 12% tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap performans produksi seperti konsumsi pakan, pertambahan bobot badan dan konversi pakan ayam pedaging.

Author Biographies

Estepanus Landra Sukaharto Tumba, Uswim, Universitas Satya Wiyata Mandala

Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan

Mery Christiana Simanjuntak, Uswim, Universitas Satya Wiyata Mandala

Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan

Published
2019-08-26