PERSENTASE BOBOT ORGAN DALAM AYAM BROILER YANG DIBERI TEPUNG BIJI PEPAYA DALAM RANSUM DENGAN LEVEL BERBEDA

  • Decky wenno, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: tepung biji pepaya, ayam broiler, persentase bobot organ dalam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentse bobot organ dalam  ayam setelah pemberian tepung biji pepaya dengan level pemberian yang berbeda.Manfaat penelitian diharapkan sebagai informasi ilmiah bagi peternak untuk menggunakan tepung biji pepaya dalam pakan ayam broiler.

            Penelitian ini dilaksanakan  mulai tanggal 1 September sampai 7 Oktober  2018 bertempat di Peternakan ayam broiler Karang Tumaritis Nabire.Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 4 ulangan sehingga terdapat 12 unit percobaan yang terdiri dari 4 ekor per unitnya. Ayam dibagi secara acak ke dalam 12 unit kandang, tanpa pemisahan jenis kelamin,dan setiap kandang diberi label untuk memudahkan pencatatan. Perlakuan yang akan diterapkan ada 4 dengan susunan ransum yaitu P0  : Pakan komersil  + tepung biji pepaya 3%, P1 : Pakan komersil  + tepung biji pepaya 6% dan P2 : Pakan komersil + tepung biji pepaya 9% . Data yang diperoleh dianalisis menggunakan prosedur analisis ragam (Analysis of Variance/Anova)  dengan uji F 5 % untuk mengetahui pengaruh perlakuan dan apabila hasil anlisis menunjukkan pengaruh perlakuan yang nyata akan dilanjutkan uji wilayah Ganda Duncan.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung biji pepaya pada pakan sampai level 9% dapat memberikan pengaruh yang nyata terhadap  persentase berat hati namun tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap persentase berat gizzard (ampela) dan persentase berat jantung.

 

Published
2018-08-23