NGARUH IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN NABIRE

Authors

  • Kornelis Angwarmas, USWIM Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Satya Wiyata Mandala

Keywords:

Implementasi, Standar Operasional Prosedur, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian Pengaruh Implementasi Standar Operasional Prosedur Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nabire ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui profesionalisme kinerja pegawai di Disdukcapil Kab. Nabire, dan juga untuk melihat hubungan antara implementasi Standar Operasional Prosedur terhadap kinerja pegawai di Disdukcapil Kabupaten Nabire. Penelitian ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nabire dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Standar operasional prosedur sebagai alat penilaian kinerja berorientasi pada penilaian kinerja internal kelembagaan, terutama dalam hal kejelasan proses kerja di lingkungan organisasi termasuk kejelasan unit kerja yang bertanggungjawab, tercapainya kelancaran kegiatan operasional dan terwujudnya koordinasi, fasilitasi dan pengendalian yang meminimalisir tumpang tindih proses kegiatan di lingkungan sub-sub bagian dalam organisasi pemerintahan khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Nabire. (2) Komunikasi adalah salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Nabire. Semakin tinggi komunikasi yang dibangun oleh pegawai, semakin tinggi pula kualitas kinerja pegawainya. (3) Disposisi adalah sarana bantu bagi peningkatan kinerja pegawai. jika semakin tinggi disposisi dijalankan dalam sistem pemerintahan dan birokrasi pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Nabire, maka semakin tinggi pula kinerja pegawainya. (3) Strukutr birokrasi berpengaruh secara positif terhadap kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Nabire. Jika semua karyawan bekerja dalam sebuah strukutur birokrasi organisasi yang baik maka kinerja pegawai akan menjadi semakin baik karena tidak adanya tumpang tindih tugas dan wewenang. (4) Semakin baik aktualisasi atau implementasi SOP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Nabire, maka semakin baik pula kinerja pegawai dalam melaksanakan tugasnya.

Downloads

Published

2024-06-30