PERSPEKTIF MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN NABIRE

  • Jean Marzel Ngantung, USWIM Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Satya Mandala
  • A. Jumat Fimbay B., USWIM Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Satya Mandala
  • Jery Tabuni, USWIM Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Satya Mandala
Keywords: Kesempurnaan, Masyarakat, Indeks Pembangunan Manusia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1). Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Nabire Kabupaten Nabire. (2). Perspektif Masyarakat Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Nabire Kabupaten Nabire.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif (Qualitative Approach) untuk mendeskripsikan masalah dan memfokuskan penelitian. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Nabire, dimana penelitian ini memakan waktu selama 3 bulan yaitu bulan Oktober sampai dengan Desember 2023. Metode pengumpulan informan dilakukan dengan menggunakan metode Snowball sehingga diperoleh informan yang mewakili berbagai strata sosial masyarakat di beberapa daerah. kecamatan di Kabupaten Nabire. Penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi (prinsip triangulasi).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Nabire masih lebih rendah jika dibandingkan dengan beberapa kabupaten tertinggi lainnya di Provinsi Papua seperti Kabupaten Jayapura, Biak Numfor, Mimika dan Merauke, sehingga rata-rata IPM Kabupaten Nabire mempunyai angka paling rendah, jika dibandingkan dengan Kabupaten Nabire. beberapa kabupaten yaitu hanya 67,85. (2). Pandangan masyarakat terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Nabire masih rendah, jika melihat Angka Harapan Hidup (AHH), Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) dan tingkat pengeluaran per kapita di Kabupaten Nabire

Published
2023-12-17