PERSEPSI MASYARAKAT DAN PELAYANAN PUBLIK DI DISTRIK YARO KABUPATEN NABIRE PROVINSI PAPUA TENGAH
Keywords:
Persepsi Masyarakat, Pelayanan Publik, Tata Kelola Pemerintahan yang BaikAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Informan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 87 informan di Distrik Yaro, yang diperoleh dengan menggunakan metode Snowball dan dilaksanakan pada bulan September sampai dengan November 2023 di Distrik Yaro, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah. Metode pengumpulan data didasarkan pada prinsip triangulasi penelitian kualitatif, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah mengenai persepsi masyarakat mengenai pelayanan publik aparatur sipil negara di Distrik Yaro, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah. Menunjukkan bahwa persepsi masyarakat di Distrik Yaro mengenai Pelayanan Publik mendapat nilai positif dari masyarakat, karena baik pelayanan secara fisik, dimana masyarakat diikutsertakan maupun pelayanan secara administratif sebagai bentuk Good Government di tingkat Distrik dan Kampung