SISTIM NOKEN DAN PERSEPSI MASYARAKAT SUKU DANI DI KABUPATEN PUNCAK JAYA TENTANG PEMILIHAN UMUM

  • Jery Tabuni, USWIM Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Satya Mandala
  • Jean Marzel Ngantung, USWIM Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Satya Mandala
Keywords: Sistem Noken, Persepsi Masyarakat, Pemilu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat di daerah pedalaman mengenai sistem noken yang selama ini digunakan oleh beberapa pasangan calon, baik dalam pilkada maupun pilpres. Bagaimana respon masyarakat terhadap sistem noken yang telah diterapkan di daerah tertentu selama ini?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena metode kualitatif lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan lebih banyak meneliti substansi makna dari fenomena tersebut. Analisis dan ketajaman penelitian kualitatif sangat dipengaruhi oleh kekuatan kata-kata dan kalimat yang digunakan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jumlah informan yang diperoleh dengan menggunakan metode snowball sebanyak 85 informan dari berbagai distrik di Kabupaten Puncak Jaya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pemungutan suara berdasarkan sistem noken tidak hanya dilihat secara kontekstual, tetapi juga secara substantif, karena bagaimanapun suara warga negara lain juga harus terwakili. Di sisi lain, sistem noken yang dikonotasikan dengan sistem ikat, tidak sepenuhnya benar. Karena substansi dari sistem ikat itu berbeda-beda antara satu suku dengan suku lainnya.

Published
2023-12-17