PENTINGNYA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CAFÉ BETE DI NABIRE PAPUA TENGAH

  • Hellena Griffith Lasamahu, USWIM Program Studi Adminitrasi Bisnis Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Pelayanan, kepuasaan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pentingnya pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan pada cafe bete nabire. Pelayanan adalah suatu tindakan atau kinerja yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain. Pelayanan optimal dilakukan secara ramah tamah dan dengan etika yang baik akan memberi dampak positif bagi orang yang dilayani. Tolak ukur pelayanan yang baik melalui pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dan keinginan tamu. Penilaian kualitas pelayanan ditentukan oleh tamu sebagai pemakai jasa pelayanan tersebut. Kepuasaan merupakan perasaan puas rasa senang dan kelegaan seseorang dikarenakan mengkonsumsi suatu produk atau jasa untuk mendapatkan pelayanan suatu jasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan menjadi penting terhadap kepuasaan pelanggan.

Published
2023-06-16