TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA PT. GARUDA INDONESIA DI KABUPATENNABIRE

  • Lamba Toding Palimbu, USWIM Program Studi Adminitrasi Bisnis Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Produk, Biaya/Tarif,Sarana /Prasarana ( Variable X) Kehandalan, Daya Tanggap,Jaminan,Empati,Bukti Fisisk ( Variabel Y)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen (Variabel Bebas) dan Kualitas Pelayanan Jasa PT. Garuda Indonesia (Variabel Terikat), Untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh PT. Garuda Indoenesia dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa agar tingkat kepuasan konsumen meningkat di Kabupaten Nabire dan juga untuk mengetahui pengaruh harga tiket yang ditetapkan oleh PT. Garuda Indonesia terhadap tingkat kepuasan konsumen di Kabupaten Nabire serta untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi PT. Garuda Indonesia dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa agar tingkat kepuasan konsumen meningkat di Kabupaten Nabire yang berkaitan dengan kedua variabel tersebut diatas. Variabel tersebut diatas menggunakan Metode Deskritif. Yang menjadi objek Penelitian adalah Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Jasa PT. Garuda Indonesia di Kabupaten Nabire dengan sampel yang diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling yang berjumlah 88 orang. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan instrumen daftar pertanyaan dan pengamatan langsung di lapangan menunjukkan bahwa Tingkat Kepuasan Konsumen dengan indikator Produk, Biaya / Tarif, dan Sarana / Prasarana perlu untuk lebih ditingkatkan Selanjutnya mengenai Kualitas Pelayanan Jasa yang dilakukan oleh PT.Garuda Indonesia perlu untuk lebih di tingkatkan menjadi lebih baik lagi. Tingkat Kepuasan Konsumen di harapkan dapat menjadi tolak ukur dalam meningkatkan KualitasPelayanan Jasa yang lebih baik sesuai dengan yang diharapkan.

Published
2022-12-20