PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA KANTOR DISTRIK NABIRE

  • LUSDEN SAMOSIR, USWIM Program Studi Adminitrasi Negara Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Akuntabilitas, Transparansi dan Kinerja.

Abstract

Dalam menerapkankan Good Governance tentunya Organisasi Perangkat Daerah dalam hal ini Kantor Distrik Nabire harus mampu memilki kinerja yang maksimal terutama dalam pencapaian standar pelayanan minimal yang diberikan kepada masyarakat, pengaruh dari akuntabilitas dan transparansi menjadi tolak ukur terhadap kemampuan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Distrik Nabire dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan beban kerja yang dimiliki.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk menganalisis apakah transparansi memiliki pengaruh terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Distrik Nabire, 2). Untuk menganalisis apakah akuntabilitas memiliki pengaruh terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Distrik Nabire dan 3). Untuk menganalisis variabel mana yang paling dominan memiliki pengaruh terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Distrik Nabire, dimana jenis penelitian ini yaitu Penelitian Asosiatif dengan jumlah sampel sebanyak 53 responden yaitu ASN di Kantor Distrik Nabire, teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan formula statistic Chi-Squre.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel akuntabilitas memiliki pengaruh terhadap kinerja yaitu sebesar 0,036 dan variabel transparansi memiliki pengaruh terhadap kinerja sebesar 0,021, oleh karena itu ASN di Kantor Distrik Nabire dalam menjalankan tugas perlu memperhatikan aspek akuntabilitas dan transparansi.

Published
2022-06-15