PERAN PEMIMPIN DALAM MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE) PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN NABIRE

  • DETTY SAJOW, Uswim Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Tata Kelola Pemerintahan, Transparansi , Akuntabilitas, Koordinasi

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif suatu penelitian yang menitikberatkan pada pengolahan data dari hasil ,observasi , wawancara dan Quesioner  dengan mengorganisasikan dengan menggambarkan data, menganalisa dan mengolah serta mudah di mengerti.

Tujuan Peneliian untuk mengetahaui dan menemukan Pemecahan antar variable yaitu Peran pemimpin  (variabel bebas ) dan Pembagian tugas (Variabel terikat ) dengan menggunakan metode  deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 40 orang pegawai pada Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi .yang bekerja   aktif selama penelitian berlangsung dengan menggunakan teknik penarikan sampel jenuh.

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dengan menggunakan  instrument daftar pertanyaan, wawancara dan pengamatan langsung dilapangan menunjukan bahwa Peranan pemimpin Terhadap Pembagian Tugas Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Nabire, Peran Pemimpin dengan indicator Motivator, Komunikator, Mobilisator,dari hasil dilapangan Peran pemimpin masih  belum maksimal  , sebagai motivator dan komunikator masih ada kekurangan dan perlu tingkatkan lagi. (2). Tata Kelola Pemerintahan yang baik dengan indikator :Transparansi , Akuntabilitas, Koordinasi , dan masih kurang keterbukaan dan kurang koordinasi sesama pegawai.

Dalam konteks penelitian ini secara  umum dapat disimpulkan bahwa Peranan Pemimpin  Dalam mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang baik .

Published
2019-06-06