PENTINGNYA STRATEGI WISATA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN WISATA PADA DINAS KEBUDAYAN DAN PARIWISATA KABUPATEN NABIRE

  • Laxmi Kyati W. Ansanai, Uswim Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Meningkatkan Pelayanan Wisata,variabel bebas, variabel terikat, indikatorPelayanan Wisata

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menemukan hubungan antara variabel yaitu  Strategi ( variabel bebas ) dan Meningkatkan   Pelayanan Wisata  ( variabel terikat ), dengan menggunakan analisis deskriptif sederhana . Subjek penelitian sebanyak  49  orang serta  menggunakan teknik penarikan sampel yaitu  Total  sampling.

     Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan instrumen: Daftar pertanyaan dan pengamatan langsung dilapangan menunjukkan bahwa; ( 1 ) Strategi dengan indikator Strategi Organisasi,Strategi Program , dan Strategi Pendukung sumber daya,  berjalan kurang  maksimal.  

        Sedangkan (2) Meningkatkan Pelayanan Wisata  dengan indikator, Kelengkapan Sarana dan Prasarana,Kemudahan Akses dan Kenyamanan ,ketiga indikator tersebut memiliki kekurangan. Sehingga dapat di simpulkan bahwa perlu adanya peningkatan  dari kedua variabel  agar pelayanan wisata dapat meningkat.Sedangkan pada  penutup  di simpulkan  masih kurang nya realisasi visi misi organisasi ,program kerja,sumberdaya manusia yang berpendidikan sarjana kepariwisataan,sarana prasarana wisata serta kenyamanan guna kelancaran pelayanan wisata

Published
2019-06-06