EFISIENSI BIAYA PENGGUNAAN PAKAN KOMERSILYANG BERBEDA MERK PADA AYAM BROILER DI KABUPATEN NABIRE

  • Estepanus Landra Sukaharto Tumbal, Uswim Program Studi Peternakan, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Nurlaila Susilawati Palenga, Uswim Program Studi Peternakan, Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Efisiensi, Biaya, Pakan, Komersil,Merk, Broiler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai efisiensi biaya penggunaan pakan komersil berbeda merk pada ayam broiler di Kabupaten Nabire.Manfaat penelitian ini diharapkan sebagai informasi ilmiah bagi para peternak khususnya dan masyarakat KabupatenNabire pada umumnya,mengenaijenis merk pakan komersil yang memberikan nilai efisisnsi biaya pakan yang paling efisien dan lebih menguntungkan bagi para peternakayam broiler. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan,  terhitung  dari Tanggal 08  Februari  sampai dengan Tanggal 15 Maret 2020, bertempat di Kandang Ayam Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL), terdiri dari 3 perlakuan dan 3 ulangan sehingga terdapat 9 satuan percobaan dan disetiap satuan percobaan terdiri dari 3 ekor ayam broiler didapatkan jumlah keseluruhan ayam broiler yang digunakan dalam penelitian iniadalah sebanyak 27 ekor.

Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini, adalah berupa pemberian 3 (tiga) macam merk pakan komersil  yang berbeda pada tiap perlakuan,  yaitu :

PCPS  =Pakan Komersial 511 dan 512 Merk Pokphand ProduksiPT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk Surabaya

PCPM = Pakan Komersial 511 dan 512 Merk Pokphand ProduksiPT.Charoen Pokphand Indonesia Tbk Makassar

                  PM      = Pakan Komersial 511 dan 512 Merk MalindoProduksiPT. Malindo  Feedmill Tbk Makassar

Hasil penelitian menunjukkan Pemberian Ketiga Pakan Komersil Yang Berbeda Merk, Tidak Memberikan Perbedaan Nyata (P˃0,05) Pada Ayam Broiler Penelitian. Nilai Efisien Pakan (EP) yang Baik dari Ketiga Jenis Merk Pakan Komersial yang berbeda Pada Ayam Broiler Penelitian Adalah Pakan Komersil PCPS Merk Pokphand Produksi PT. Charoen Pokphan Indonesia Tbk Surabaya.Nilai Efisiensi Ekonomi Penggunaan Pakan (EEPP) yang Baik dari Ketiga Jenis Merk Pakan Komersil yang Berbeda Adalah Pakan Komersil PCPS Merk Pokphand Produksi PT, Charoen Pokphan Indonesia Tbk Surabaya karena nilai EEPP nya paling rendah, dibawah 1 (˂1).

Pakan Komersil PCPS Merk Pokphand Produksi PT. Charoen Pokphan Indonesia Tbk Surabaya, Memberikan Nilai FCG Yang Lebih Kecil/Rendahatau yang LebihMenguntungkanDibandingPakanKomersil PCPM Merk Pokphand Produksi PT. Charoen Pokphan Indonesia Tbk Makassar dan Pakan Komersil PM Merk Malindo Produksi PT. Malindo feedmill Tbk Makassar.

Published
2021-07-21