PENGARUH PEMBERIAN PAKAN KOMERSIAL DENGAN MERK YANG BERBEDA TERHADAP PERFORMA AYAM BROILER

Authors

  • Emanuel Dogomo,, Uswim Program Studi Peternakan, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Decky Wenno, Uswim Program Studi Peternakan, Universitas Satya Wiyata Mandala

Keywords:

Pakan komersial, merk, performa, ayam broiler

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk Mengetahui  pengaruh pemberian pakan komersial dengan merk yang berbeda terhadap performa produksi ayam broiler. Kegunaan penelitian ini yaitu Sebagai bahan informasi ilmiah bagi peternak tentang pengaruh pemberian merk pakan komersial  yang berbeda terhadap performa produksi ayam broiler. Penelitian ini dilaksanakan selama 35 hari, mulai tanggal  08 Pebruari  sampai dengan 15 Maret  2020 di kandang penelitian program studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Satya Wiyata Mandala  Nabire. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ayam pedaging umur 7 hari merk CP 707 sebanyak 27 ekor, Pakan komersial (pabrikan) ayam pedaging untuk periode starter maupun finisher dengan merk dagang atau produksi PT. Charoen Pokphand Indonesia  Tbk Cabang Surabaya,  PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk Cabang Makasar dan  PT. Malindo Feedmill Tbk, masing - masing sebanyak 2 zak (50 kg).

Penelitian ini dilaksanaan secara eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL).  Perlakuan yang diberikan adalah pemberian pakan komersial (pabrikan) dengan spesifikasi jenis yang sama yaitu untuk ayam pedaging periode starter dan finisher dengan merk yang berbeda yaitu merk/ produksi PT. Charoen Pokphand Indonesia (CPI) Cabang Surabaya,  PT. Charoen Pokphand Indonesia Cabang Makasar dan merk/ produksi PT. Malindo Feedmill Tbk Makasar, yang beredar di Nabire (tanpa melihat umur penyimpanan pakan). Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis sidik ragam (Anova) dan apabila terdapat pengaruh yang nyata dari perlakuan maka akan dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT). Pemberian pakan komersial dengan merk berbeda yaitu merk PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk cabang Makasar (PCPM), PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk cabang Surabaya (PCPS) dan PT Malindo Feedmill Tbk (PM) tidak berpengaruh terhadap konsumsi pakan, pertambahan bobot badan maupun konversi pakan pada ayam broiler umur 5 minggu (35 hari). Secara numerik performa produksi ayam broiler umur 5 minggu (35 hari) yang terbaik adalah ayam yang diberi pakan komersial merk PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk cabang Surabaya (PCPS), karena konsumsi pakan dan pertambahan bobot badannya  tertinggi dengan konversi pakan terendah.

Downloads

Published

2021-07-21