KUALITAS FISIK SILASE BATANG PISANG TERHADAP LAMA FERMENTASI YANG BERBEDA

  • Mery Christiana Simanjuntak, Uswim Peternakan Univeritas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Kualitas Fisik Silase, Batang Pisang, Lama Fermentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas Fisik silase   batang pisang  terhadap  lama fermentasi  yang berbeda. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai Mengetahui pengaruh perbedaan lama fermentasi  terhadap  kualitas Fisik silase  batang pisang sebagai pakan alternatif pada ternak sapi khususnya dan ternak ruminansia umumnya.

Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari, mulai tanggal  3 sampai  tanggal 10 Agustus  2020 di Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan USWIM  Nabire. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 (tiga) perlakuan dimana setiap perakuan diulang sebanyak 4 (empat) kali sehingga diperoleh 12 unit percobaan. Adapun komposisi silase yang dibuat yaitu  Bonggol batang pisang (500 g) + Dedak  (6%)+ EM-4 (6%).

Adapun perlakuan yang diuji adalah umur  panen silase rumput gajah yang terdiri dari : P0 = Silase  Batang pisang + 14 hari ,  , P1  = Silase  Batang pisang + 21 hari, , P2 = Silase  Batang pisang + 21 hari.  Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis of Varians (Anova) dan dilanjutkan    dengan uji lanjut untuk melihat perbedaan antara perlakuan. 

 

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa lama fermentasi yang berbeda Tidak memberikan pengaruh nyata terhadap kualitas fisik warna dan pertumbuhan jamur silase batang pisang.  Akan tetapi lama fermentasi yang berbeda Memberikan pengaruh nyata terhadap kualitas fisik tekstur dan bau silase batang pisang.

Published
2020-12-23