PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI MERK PAKAN KOMERSIAL TERHADAP PERFORMAN PRODUKSI BABI PERIODE GROWER

  • Afrian Pandesolang, USWIM Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Mery Christiana Simanjuntak, USWIM Peternakan Univeritas Satya Wiyata Mandala
  • Trijaya Ganeputra Peternakan Univeritas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Pakan Komersial, Performan Produksi dan Babi Periode Grower

Abstract

Penelitian ini di laksanakan selama 45 hari mulai tanggal  30 Juli sampai 12 September  2019, di kampung Samabusa, distrik Teluk Kimi, Nabire.. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai merk pakan komersial  terhadap performan produksi babi periode grower

Metode penelitian dilakukan dengan cara eksperimen, dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 Perlakuan dan setiap perlakuan diulang 3 kali.  Perlakuan yang diberikan adalah pemberian pakan komesrsial dengan spesifikasi jenis yang sama  yaitu untuk babi periode grower dengan merk yang berbeda yaitu merk/ produksi   PT. Charoen Pokphand (PCP), merk/ produksi PT Malindo (PM)  dan merk/ produksi PT. Chargil (PC).  Jumlah pakan (kuantum) yang diberikan setiap perlakuan sama, diberikan secara terbatas dengan frekwensi 2 kali pemberian pagi dan sore hari.

Hasil penelitian diperoleh bahwa pengaruh perlakuan terhadap konsumsi pakan (komulatif selama penelitian) menunjukkan besaran angka yang sama pada stiap perlakuan yaitu 75,6 kg/ ekor  karena pakan yang diberikan tidak pernah tersisa, habis dikonsumsi semua. Sedangkan penaruh perlakuan terhadap pertambahan bobot badan harian (PBBH) maupun terhadap konversi pakan babi periode grower secara statistik tidak berpengaruh nyata (P> 0,05).  Namun secara numerik babi yang diberi pakan dengan merk dagang PT. Charoen Pokphand menghasilkan PBBH tertinggi yaitu 0,74 kg/ekor/hari dan konversi pakan terendah yaitu 2,461.  

Published
2020-06-22