Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Mahasiswa (SIATMA) di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

  • Bernadeta Tyas Malinda, UAJY Kantor Sistem informasi – Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Keywords: Teknologi, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, EUCS, Kepuasan Pengguna

Abstract

Perguruan Tinggi di Indonesia telah menerapkan berbagai fasilitas teknologi informasi untuk mendukung pengelolaan administrasi akademik, proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Universitas Atma Jaya Yogyakarta berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa salah satunya membuat sistem informasi mahasiswa SIATMA (https://siatma.uajy.ac.id). SIATMA dapat digunakan mahasiswa untuk melihat informasi seputar perkuliahannya antara lain informasi jadwal, nilai, presensi, dan pembayaran. Sistem tersebut sudah digunakan cukup lama oleh mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta tetapi belum ada evaluasi untuk memastikan aspek manfaat dan kegunaannya. Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi SIATMA terhadap kepuasan pengguna serta menganalisis keadaan maupun kondisi yang mempengaruhi kepuasan pengguna ketika menggunakan SIATMA sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas SIATMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan model End User Computing Satisfaction (EUCS). Instrumen EUCS yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah isi(content), keakuratan(accuracy), format(format), kemudahan dalam penggunaan(ease of use), dan ketepatan waktu(timeliness). Metodologi pengolahan data pada penelitian ini akan dikerjakan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada Pengguna SIATMA di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Published
2022-10-31