ANALISA STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA BENGKEL SUGALI DI KABUPATEN NABIRE
Keywords:
Strategi Pemasaran, SWOT, Loyalitas Konsumen, Pemasaran Bauran PemasaranAbstract
Suatu perusahaan dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan dan dapat memberikan kepuasan
pada konsumen. Dengan adanya hal tersebut, maka pemasaran menjadi salah satu perhatian
yang utama. Dalam Penelitian ini fungsi pemasaran dianaliasa mencakup menciptakan,
memelihara dan menambah jumlah konsumen dan kegiatan-kegiatan yang terkait dalam
pemasaran, dimana tidak hanya menyangkut hubungan dengan produsen atau konsumen tapi
juga menyangkut distribusi, harga dan promosi. Posisi bengkel Sugali dalam peta analisis
SWOT berada dalam kuadran I, yaitu mendukung strategi yang berorientasi pertumbuhan
(growth oriented strategy ). Strategi yang dilakukan oleh bengkel Sugali sudah cukup baik
(secara garis besar telah sesuai dengan growth oriented strategy , tetapi belum bisa dikatakan
berhasil sepenuhnya). Pihak perusahaan juga melakukan strategi diferensiasi , yaitu
membedakan produk yang ditawarkan dengan pesaing, dengan tujuan memberikan
manfaat maksimal bagi konsumen, menciptakan keunggulan bersaing (competitive
advantage) dan berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen
semaksimal mungkin, serta membangun image yang baik dalam benak konsumen.
Berdasarkan analisis SWOT terlihat adanya beberapa kekuatan yang dimiliki oleh bengkel
Sugali, antara lain: lokasi bengkel, fasilitas area parkir, suasana yang ditawarkan, standar tarif
jasa, suasana kerja yang ditawarkan, loyalitas konsumen , kualitas sumber daya manusia,
kemampuan untuk menghasilkan produk/jasa yang berkualitas, pelayanan terhadap konsumen
dan lain-lain. Pada kelemahan yang dimiliki oleh Bengkel Sugali. Terkait analisis bauran
pemasaran, analisis persaingan industri dan analisis SWOT, terlihat adanya keunggulan
dalam bersaing (competitive advantage) yang dimiliki bengkel Sugali