Analisa Kelayakan Pengelolaan limbah Plastik Di Kota Nabire

  • Ali Waromi, Uswim Program Studi Teknik Industri Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Pengolahan , Sampah, Plastuk, Limbah, Nabire,Papua

Abstract

Di zaman sekarang ini hampir semua tempat berpemukiman sempit dan padat di kota Nabire bermasalah dengan sampah. Setidaknya kita mudah menjumpai sampah sayuran, botol-botol plastik, yang mengambang di saluran irigasi (parit), aliran sungai, hinggah berserakan di pinggir jalan namun sebagian warga yang melihat hal itu nyata hanya bersikap acuh. Akibatnya, sampah tersebut berakibat buruk bagi masyarakat itu sendiri.

Walaupun pemerintah daerah kabupaten Nabire khususnya Dinas kebersihan sudah bekerja secara maksimal, dengan bekerja setiap hari kerja,menyediakan bak penampungan sampah di tempat-tempat umum, namun bak sampah yang tersedia tidak dapat menampung sampah-sampah tersebut contohnya pada bak penampungan sampah di pasar sore terdapat empat buah bak penampungan sampah namun bak tersebut tak dapat menampung sampah baik dari sampah pasar maupun sampah warga yg tinggal di sekitar pasar.

Di kota-kota besar di Indonesia hampir semua tempat bermasalah dengan sampah berton-ton sampah yang dihasilkan oleh warga masyarakat setiap harinya membuat Tempat Pembuangan sampah Akhir menjadi cepat penuh.Dengan demikian pemerinta kota setempat harus mencari lokasi lain untuk di jadikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dan pastinya menimbulkan kontradiksi dari warga masyarakat sekitar yang lokasinya terpilih menjadi Tempat Pembuangan Akhir(TPA).

Setiap tahun penduduk kota Nabire semakin bertambah, pastinya kota kita ini akan sama nasipnya dengan kota-kota lain di Indonesia bila masalah sampah ini tidak di tangani secara serius baik dari pemerintah maupun kita sebagai masyarakat.

Ada beberapa cara menanggulangi masalah sampah yaitu dengan daur ulang untuk sampah non organik dan sampah organik di buat menjadi pupuk organik,  

Daur ulang limbah plastik adalah salah satu usaha yang cukup menjanjikan dan memberikan banyak keuntungan baik bagi diri sendiri yang berupa keuntungan secara  materi dan bagi orang lain yang dapat berupa lapangan pekerjaan,serta dapat mengurangi pemcemaran lingkungan yang di sebabkan oleh sampah plastik.

Published
2021-07-14