Meningkatkan Produktivitas Granule Pada Produksi Rokok Dengan Mengunakan Metode Quality Control Circle (Studi Kasus PT XYZ Pasuruan )

  • Wardhana Wahyu Dharsono, Uswim Program Studi Teknik Industri Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Ali Waromi, Uswim Program Studi Teknik Industri Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: QCC, Cengkeh ,Debu cengkeh, Garnule, Produktivitas, Capasitas produksi

Abstract

Meningkatkan produktivitas debu cengkeh (granule) untuk  produk rokok dengan kualitas yang tinggi dengan  pengendalian kualitas yang baik selalu di lakukan oleh PT XYZ Pasuruan. Dengan adanya kenaikan harga-harga bahan baku, maka PT. XYZ perlu melakukan langkah yang tepat umtuk meningkatkan produktivitas debu cengkeh yang dimanfaatkan untuk mengurangi jumlah pemakaian cengkeh yang ada di TSG, yang di produksi dalam bentuk granule. Seluruh suber daya manusia yang terlibat pada proses produksi mengerti, memahami dan memecahkan masalah-masalah tentang peningkatan produktivitas Granule pada produk rokok.

Dengan upaya bersama seluruh sumber daya diupayakan untuk meningkatkan produktifitas granule dari 40.25 % menjadi 80 % dari kapasitas mesin, dimana sebelumnya produktivitas granule masih rendah rata – rata 40 % dari kapasitas mesin.

Perbaikan yang di lakukan yaitu dengan pengarahan secara kontiyu kepada tenaga perlengkapan mengenai kedisiplinan, alur kerja & prosedur kerja sosialisai WI, berhubungan dengan keterbatasan ( skill ) tenaga kerja degan cara pembuatan intruksi kerja dengan gambar. Titik berat perbaikan pada penanganan bahan baku sebelum proses ( pemilahan serabut & pengayakan ), juga penataan lay out ruangan serta di barengi dengan pembuatan form kontrol produksi granule’ , tidak lupa juga dilakukan sosialisasi pengunaan form ( cara pengisian ) dan sebagai kontrol serta monitor keberhasilan dilakukan penghitungan kalkulasi biaya produksi granule.

Performa setelah perbaikan Produktifitas Produksi Granule mencapai target rata – rata sebesar 80 % dari kapasitas mesin, ditujukan dengan data , selain itu ada dampak positif penerapan metode qualiy control circle yaitu produksi meningkat , karyawan lebih disiplin, performa mesin lebih bagus, proses pembuatan granule lebih lancar, pengontrolan proses lebih muda

Published
2021-10-27