Analisis Performansi Quality of service (QoS) Network Function Virtualization dengan Docker Container

  • Dimas Wiryatari, Amikom Master of Informatics Engineering University of AMIKOM Yogyakarta
  • Suwanto Raharjo, Amikom Master of Informatics Engineering University of AMIKOM Yogyakarta
  • Eko Pramono, Amikom Master of Informatics Engineering University of AMIKOM Yogyakarta
Keywords: Containers, Docker, Network Function Virtualization, QoS

Abstract

Perkembangan  layanan  internet  harus  didukung  oleh  infrasruktur  jaringan  yang  memadai. Infrastruktur  jaringan sekarang sudah sangan canggih contohnya seperti server yang dapat menyediakan layanan lebih dari satu. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan adanya teknologi vitualisasi seperti hyperpisor dan container. Akan tetapi semakin banyak layanan yang di berikan maka akan mempengaruhi performa dari server tersebut.

Containers  pada  perkembangannya  menjadi  salah  satu  teknologi  yang  memiliki performansi  yang  baik  dalam  mengisolasi  dan  menjalankan  aplikasi  serta  memiliki delay latancy yang  rendah.  Sehingga  dapat  mereduksi  waktu  pengimplementasian  dan pengoperasian  aplikasi. Containers  juga  dapat  di  implemetasikan  pada  NFV  yang  dapat  membangun  lingkungan  virtual untuk menjalankan fungsi layanan networking.

Pada  penelitian  ini  akan  dilakukan  pengujian  yang  menghasilkan  analisis  suatu containers dengan menggunakan platform Docker yang akan menjalankan VNF berupa layanan FTP dan juga akan menjalan kan lebih dari 4 VNF tersebut. Penelitian ini  bertujuan  untuk  mengetahui  performansi  Docker  ketika  menjalankan layanan FTP menggunakan parameter delay, packet loss, jitter, throughput.

Dari  hasil  pengujian  dan  analisis,  dapat  disimpulkan  bahwa  layanan  FTP berjalan  dengan baik pada jaringan NFV pada Docker Container dan juga dapat berjalan dengan baik ketika membuat layanan lebih dari satu. Berdasarkan pengujian, dapat dibuktikan bahwa jaringan yang dibangun memiliki performansi yang baik, hal ini dapat dibuktikan pada  hasil  pengukuran  dimana  pada  pengujian  menggunakan  layanan  FTP memenuhi kriteria standarisasi ITU-T G.1010.

Published
2021-07-14