Analisa Kuat Tarik Pada Kertas Berbahan Dasar Serat Daun Nanas

  • Wardhana Wahyu Dharsono, USWIM Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Amos Pundu, USWIM Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Kuat tarik kertas, Bahan kertas, Daun nanas, Serat daun nanas, Uji tarik serat nanas,

Abstract

Kertas sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari baik dalam skala kecil maupun besar, kertas dengan bentuk lembaran-lembaran tipis yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari Pulp yang telah mengalami pengerjaan pengeringan, ditambah beberapa bahan tambahan yang saling menempel dan saling menjalin, serat yang digunakan biasanya berupa serat alam yang mengandung selulosa dan hemiselulosa.

Kertas adalah salah satu kebutuhan pokok sebagai alat tulis, seni dan keperluan rumah tangga Sehingga kita perlu mencari bahan alternatif lain yang seratnya dapat diolah menjadi kertas yang salah satunya adalah bahan non kayu. yaitu daun nanas yang selama ini belum banyak dimanfaatkan. Daun nanas yang merupakan salah satu alternatif tanaman penghasil serat yang selama ini hanya dimanfaatkan buahnya saja sebagai sumber bahan pangan, sedangkan daun nanas sendiri tidak dimanfaatkan sehingga menjadi limbah yang sebenarnya berpotensi.

Melihat potensi yang, dimana bahan baku pembuatan kertas dengan serat daun nanas tersedia melimpah dan dapat dibudidayakan, dengan penelitian yang mendukung pengembangan pembuatan kertas tersebut diharapkan menjadi subangan  aternatif yang baik.

Hasil penelitian menunjukan hasil penelitian analisa kuat tarik kertas di proleh indeks tarik paling besar 3,43 N/mm2, sedangkan terkecil 0,16 N/mm2 sedangkan rata-rata uji tarik sebanyak 42 kertas 0.62969. Uji indeks tarik massa di pengaruhi rapat massa, yaitu rapat massa dari hasil 42 lembar kertas di mana di peroleh data 297.000 paling besar, sedangkan terkecil pada rapat massa bernilai 49.500 dengan rata-rata 15.203.571. Hasil dari analisa rapat massa dengan indeks tarik massa di peroleh hasil indeks sobek serbesar 2,45  sedangkan indeks sobek terkecil 0,2 dengan rata-rata 0.62969045

Published
2020-07-15