Analisis Perbandingan Efektifitas Alat Pres Bering Di Bengkel Karya Maha Agung (KMA) Nabire Papua

  • Wardhana Wahyu Dharsono, USWIM Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Rio Banggo, USWIM Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Peracangan, Bearing Hydrolic ,Efektivitas alat pres,

Abstract

Di era perkembangan jaman ini semua serba dituntut cepat dan tepat khususnya dalam bidang industri. Oleh karena itu, dunia industri dituntut memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam menyeimbangkan kemajuan  teknologi, khususnya dalam bidang industri. Seseorang harus memiliki suatu keahlian dalam bidang tertentu, agar seseorang bisa menempatkan diri dan berguna. Selain itu, kemajuan teknologi juga sangat berpengaruh terhadap produksi.

Semakin majunya teknologi yang digunakan maka semakin cepat laju produksi yang dihasilkan oleh industri itu sendiri. Di samping mempengaruhi lebih cepat dan banyak hasil produksinya, juga produk yang dihasilkan lebih baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dalam dunia industri seseorang dituntut untuk lebih aktif dan kreatif. Seseorang dituntut mampu memiliki kemampuan terhadap hasil produk untuk diinovasi. Guna tercapainya kemajuan dan perkembangan dalam industri itu sendiri. Untuk menghasilkan/membuat alat/mesin yang baru dirasa memang sulit. seseorang harus kreatif mampu mempunyai ide dan menuangkan gagasannya tersebut.  

Semakin ketatnya persaingan dalam dunia industri, semua pekerjaan dituntut semakin cepat dan tepat. Salah satunya adalah proses pengelolaan, pada umumnya pengelolaan di bengkel di kota Nabire masih dilakukan secara manual dan lama. Melihat adanya peluang untuk membuat inovasi alat yaitu press bering untuk kendaraan ringan.

Untuk mencapai hal tersebut, maka dalam perancangan sangat dibutuhkan ketelitian dan perencanaan yang matang. Agar bahan-bahan yang dipilih tepat dan alat/mesin yang dihasilkan lebih efektif dan efesien. Serta alat/mesin yang akan dirancang mampu beroperasi secara maksimal. Dari dua alat press bearing yaitu alat press bearing Hydrolic floor type 10t  dan alat press bearing manual dari segi harga alat press bearig manual lebih murah, dari segi kemudahan alat press bearing sangat mudah digunakan dan portable atau bisa dibawa kemana – mana, untuk efisien dan efektifitas alat press bearing manual lebih efiktif karena perbandingan produktifitas waktu lebih banyak yaitu 100% di banding dengan alat press bearing Hydrolic floor type 10t  yang hanya 75,8%.

Published
2020-07-15