SISTEM INFORMASI STOK DAN HARGA BAHAN BANGUNAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC.6.0 Studi Kasus ( TOKO SUMBER BANGUNAN ) NABIRE PAPUA

  • Nicodemus Rahanra, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Sistem, Sistem Informasi, Stok, Harga

Abstract

Toko Sumber bangunan adalah bentuk usaha perseroan terbatas yang bergerak di bidang perdagangan/penjualan bahan bangunan. Saat ini, pencatatan atas transaksi pembelian dan penjualan toko masih dilakukan secara manual dan bisa dikatakan kurang memadai melihat kenyataan transaksi yang terjadi relatif besar jumlahnya, sehingga agak menyita waktu bila ingin menghasilkan laporan persediaan dalam waktu singkat. Saatnya toko menerapkan sistem informasi pembelian, penjualan dan persediaan secara komputerisasi untuk mengatasi hal tersebut.

Kelemahan yang terdapat pada sistem berjalan pada Toko sekarang ini adalah Dengan sistem manual, pencarian data jauh lebih lambat. Kontrol stock masih dilakukan secara manual, sehingga memperlambat penyajian informasi saldo stock pada saat dibutuhkan. Sampai saat ini, untuk mengetahui sisa stock terakhir, staf administrasi harus menghubungi bagian gudang.namin dengan menggunakan aplikasi baik harga dan stok barang dapat dikontrol dengan baik.

 

Published
2020-07-15