Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Siswa (Studi Kasus SMP N 1 Plosoklaten, Kediri)

  • Sigit . Darmawan, UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Keywords: sistem informasi, pengolahan data siswa, data presensi, data nilai siswa, data penerima beasiswa.

Abstract

Pada saat ini sistem pengolahan data siswa di SMP N 1 Plosoklaten masih dilakukan secara manual, yaitu di catat menggunakan banyak kertas dan buku besar. Hal tersebut menyebabkan banyak kendala seperti, data yang sulit untuk dicari, tinta yang luntur apabila terjadi kelembaban pada almari penyimpanan buku data siswa tersebut. Selain hal tersebut pencatatan dan pengolahan data secara manual sangat beresiko dalam hal human error atau kesalahan yang dilakukan oleh pengolah data yang dapat berakibat besar pada beberapa hal, seperti redudansi data, kesalahan penulisan, dan lain – lain.

Seiring berjalananya waktu dan perkembangan teknologi informasi saat ini, penulis melakukan penelitian dengan analisa – analisa yang diperlukan untuk dapat membantu serta memberikan solusi permanen dari permasalahan di SMP N 1 Plosoklaten dengan membangun sebuah sistem informasi.

Sistem informasi ini berisi data siswa, data guru, data mata pelajaran, data nilai, data kelas, dan juga data penerima beasiswa. Diharapkan dengan adanya sistem informasi ini dapat mempermudah pengolahan data – data yang dibutuhkan guna mendukung proses belajar mengajar yang lebih baik.

Author Biography

Sigit . Darmawan, UAJY, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Pranata Komputer - Kantor Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Published
2019-07-25