Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melaluai Pengunaan Model Coopertive Learning Tipe Axaples Non Examples Pada Kompetensi Sistem Operasi Di Kelas X TKJ 3 SMK Negeri 1 Nabire
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan
model pembelajaran cooperative learning tipe examples non examples pada kompetensi
Sistem Operasi di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 01 Nabire . Metodologi penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas, objek penelitian ini adalah 39 siswa. Variabel penelitian ini
terdiri dari input, proses dan output variabel. Langkah-langkah dalam penelitian ini
adalah persiapan, malaksanakan tindakan kelas, observasi dan evaluasi, analisis dan
refleksi. Teknik pengumpulan data adalah obervasi dan tes. Teknik-teknik dalam
menganalisis data kuantitatif dengan menggunakan penilaian hasil belajar. Hasil analisi
data 1)Siswa yang memperoleh hasil belajar meningkat dari 41.03% hasil observasi awal
menjadi 64.10% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 84.62% hasil siklus II, 2) hasil
pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat
dari 50% siklus I menjadi 87.5% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa
yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat 40% siklus I menjadi 86.66%
hasil siklus 2.
IBerdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa "jika guru menggunakan model
cooperative learning tipe examples non examples pada kompetensi Sistem Operasi di SMK
Negeri 1 Nabire dapat meningkatkan prestasi siswa .