Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melaluai Pengunaan Model Coopertive Learning Tipe Axaples Non Examples Pada Kompetensi Sistem Operasi Di Kelas X TKJ 3 SMK Negeri 1 Nabire

  • Deby Siska Bogar
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Cooperative Learning, Examples Non Examples

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan
model pembelajaran cooperative learning tipe examples non examples pada kompetensi
Sistem Operasi di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 01 Nabire . Metodologi penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas, objek penelitian ini adalah 39 siswa. Variabel penelitian ini
terdiri dari input, proses dan output variabel. Langkah-langkah dalam penelitian ini
adalah persiapan, malaksanakan tindakan kelas, observasi dan evaluasi, analisis dan
refleksi. Teknik pengumpulan data adalah obervasi dan tes. Teknik-teknik dalam
menganalisis data kuantitatif dengan menggunakan penilaian hasil belajar. Hasil analisi
data 1)Siswa yang memperoleh hasil belajar meningkat dari 41.03% hasil observasi awal
menjadi 64.10% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 84.62% hasil siklus II, 2) hasil
pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat
dari 50% siklus I menjadi 87.5% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa
yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat 40% siklus I menjadi 86.66%
hasil siklus 2.
IBerdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa "jika guru menggunakan model
cooperative learning tipe examples non examples pada kompetensi Sistem Operasi di SMK
Negeri 1 Nabire dapat meningkatkan prestasi siswa .

Published
2016-10-03