DESAIN APLIKASI PENENTUAN DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI S1 TEKNIK INDUSTRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PROGRAM STUDI

(STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI DAN REKAYASA UNIVERSITAS SATYA WIYATA MANDALA NABIRE)

  • Deby Siska Bogar, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: proses penyusunan skripsi (karya ilmiah), Perancangan sistem

Abstract

Tugas akhir atau skripsi merupakan tugas final yang harus diselesaikan oleh seorang mahasiswa yang akan lulus dari jenjang pendidikan strata satu atau diploma diperguruan tiggi. Dalam proses penyusunan skripsi (karya ilmiah) setiap mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing sebanyak dua orang . Secara tidak langsung dosen pembimbing juga memiliki peran dalam proses penyelesaian penyusunan skripsi tersebut agar bisa selesai tepat waktu.

Proses penentuan dosen pembimbing bagi setiap mahasiswa yang sedang melaksanakan skripsi sangat membutuhkan waktu yang relatif lama dikarenakan oleh kesesuaian dari judul yang diajukan oleh mahasiswa yang bersangkutan dengan kemampuan/bidang akademik dari dosen yang telah layak sebagai pembimbing. Disamping itu juga untuk mengoreksi apakah judul yang diajukan oleh mahasiswa tersebut sudah pernah diajukan dan juga tentang beban dosen dalam satu semester berapa mahasiswa bimbingan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Studi Literatur dengan mempelajari buku-buku baik dari perpustakaan, internet, maupun milik pribadi. (2) Analisa Kebutuhan baik hardware maupun software (3) Perancangan sistem meliputi perancangan desain sistem, desain database dan desain interface. (4) Penarikan kesimpulan dimana tahap ini akan dibuat kesimpulan tentang sistem yang sudah dibuat berdasarkan perencanaan dan analisa yang sudah dilakukan. Berdasarkan hasil analisa dan perancangan yang telah dilakukan, maka sistem yang dibuat mampu memberikan informasi yang dapat membantu dalam menentukan dosen pembimbing

Published
2018-07-23