ANALISA DAN MONITORING TINGKAT KEKERUHAN AIR SEBAGAI AIR BERSIH YANG DI PAKAI UNTUK KEBUTUHAN DI RUMAHAN DI KAMPUNG KALISEMEN DISTRIK NABIRE BARAT

  • Suryadi . ., Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: SistemMonitoring, Kekeruhan air, Sensor LDR, Mikrokontroler, Elektronik valve solenoid.

Abstract

Salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam rumah adalah air bersih karena air dipakai untuk berbagai macam kebutuhan di antaranya mandi, mencuci, sumber air minum dan lain sebagainya.Untuk memantau tingkat kekeruhan air di setiap rumah tidak ada alat yang digunakan yakni cukup melihat dengan mata tingkat kekeruhanya. Hal ini akan menyulitkan untuk mengukur kekeruhan dan apakah layak air tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari–hari. Penelitian ini bertujuan merancang suatu alat mikrokontroler yang dapat memonitoring tingkat kekeruhan air.Sistem monitoring tingkat kekeruhan air untuk air bersih ini menggunakan metode perancangan sistem.Pada perancangan ini memiliki beberapa bagian umum, yaitu sensor LDR, laser pointer. Elektronik valve solenoid , Arduino Uno, mikrikontroler ATMega328, PC/Leptop, power supply, driver relay, ULN2003. Sensor LDR akan mendeteksi adanya tingkat kekeruhan air .Sedangkan yang mengatur cahaya untuk LDR adalah laser pointer. Mikrokontroler ATMega328 yang tertanam pada Arduino berfungsi sebagai tempat pemprosesan data dari sensor yang selanjutnya akan di tampilkan pada PC/ Leptop. Power supply yang diperlukan berasal dari adaptor 12 Volt  yang mendapat input dari tegangan jala-jala PLN. Driver relay  ULN2003 diperlukan untuk menggerakan valve solenoid. Perancangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman C dan Borland Delphi 7 yang berfungsi sebagai Interface.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data kekeruhan air layak digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih sesuai standar Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Published
2017-07-01