PERANAN KEPALA KELURAHAN TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN KARANG MULIA DISTRIK NABIRE KABUPATEN NABIRE
Keywords:
Kepemimpinan dan Pelayanan PublikAbstract
Penulisan iniĀ adalah untuk mengetahui dan menemukan hubungan antar variabel yaitu Peran Kepala Kelurahan ( variabel bebas ) dan Pelayanan Kepada Publik ( variabel terikat ), dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 50 orang yaitu Pegawai pada Kantor Kelurahan Karang Mulia dan Masyarakat Kelurahan Karang Mulia, dengan menggunakan teknik Purpossive Sampling.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan instrumen: Daftar pertanyaan dan pengamatan langsung dilapangan menunjukkan bahwa; ( 1 ) peran kepala Kelurahan dengan indikator motivator, pengawasan dan evaluasi belum berjalan secara maksimal.. ( 2 ) Pelayanan publik dengan indikator, ketepatan waktu pelayanan, fasiltas dan keadilan. Dari ketiga indikator ini terdapat kekurangan baik itu fasilitas yang dimiliki maupun kemampuan yang dimilki oleh pegawai. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa peran kepala kelurahan sudah dijalankan namun belum maksimal. Sedangkan pelayanan kepada publikpun demikian. Telah dijalankan namun belum berjalan secara baik.