SUMBER NAFKAH BERKELANJUTAN RUMAH TANGGA PETERNAK BERBASIS BUDAYA (STUDI KASUS PETERNAK BABI DI KELURAHAN NABARUA DISTRIK NABIRE KABUPATEN NABIRE)

  • Hans F. Liborang, USWIM Program Studi Agribisnis, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Johanis Manuel Ramandey, USWIM Program Studi Agroteknologi, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Olvianus Calvein Mundeh, USWIM Program Studi Agribisnis, Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Sumber mata pencaharian berkelanjutan, budaya, peternak babi.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah peternak babi di Kampung Nabarua, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire. Dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2023 di Kampung Nabarua, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire.

Hasil penelitian Sumber Penghidupan Berkelanjutan Rumah Tangga Peternak Babi di Kampung Nabarua Distrik Nabire Kabupaten Nabire menunjukkan bahwa: (1). Usaha ternak babi di Kampung Nabarua merupakan sumber nafkah yang berkelanjutan karena tingkat kepercayaan dan budaya rumah tangga informan yaitu suku Toraja sama dengan rumah tangga penduduk asli Papua, baik yang berada di pegunungan maupun di pesisir pantai. (2). Usaha peternakan babi di Desa Nabarua dikatakan berkelanjutan karena permintaan terhadap peternakan babi tidak pernah stagnan (berhenti) karena terkait dengan pesta adat. (3). Usaha peternakan babi di Desa Nabarua dipengaruhi oleh modal alam, modal manusia, modal finansial dan modal sosial.

Published
2023-11-30