ANALISIS MARGIN PEMASARAN KOMODITI KACANG TANAH (Arachis hypogaea l.) DI KAMPUNG KARADIRI 1 DISTRIK WANGGAR KABUPATEN NABIRE

  • SYUSANTIE SYLFIA SAIRDAMA Staf Pengajar Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire
Keywords: pemasaran, marjin pemasaran, pedagang, saluran pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan margin pemasaran kacang
tanah di Kampung Karadiri 1 Distrik Wanggar Kabupaten Nabire.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang saluran pemasaran
dan margin pemasaran kacang tanah, sebagai bahan masukan untuk pengambilan
kebijakan oleh pemerintah dalam menyusun dan merumuskan kebijaksanaan dalam
program peningkatan usahatani serta sebagai bahan informasi bagi peneliti lanjutan dan
peneliti lain yang topiknya relevan dengan penulisan ini.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pengambilan sampel secara sengaja (purposive) untuk petani kacang sebanyak 20 petani
responden dan secara Snowball sampling untuk pedagang yaitu sebanyak 4 orang
pedagang pengumpul dan 6 orang pedagang pengecer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran kacang
tanah di lokasi penelitian yaitu saluran pertama dimana petani langsung menjual ke
konsumen,pada saluran ini tidak ada margin pemasaran karena tidak melibatkan lembaga
pemasaran. Saluran pemasaran ke dua dari petani kacang tanah dijual ke pedagang
pengumpul dan pedagang pengumpul menjual ke konsumen akhir. Pada saluran kedua
melibatkan lembaga pemasaran yaitu; pada pedagang pengumpul besar margin
pemasaran Rp 1.666,67/kg, dan pada pedagang pengecer besar margin pemasaran yaitu
Rp 5.000, sehingga total margin pemasaran pada saluran kedua sebesar Rp 6.666,67/kg.

Published
2017-08-01