PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN PEPAYA (Carica papaya Linn) DALAM PAKAN TERHADAP BOBOT BADAN AKHIR, BOBOT KARKAS DAN PERSENTASE KARKAS AYAM BROILER

  • Trijaya Gane Putra, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: ayam broiler, tepung daun pepaya, bobot badan akhir, bobot karkas dan persentase karkas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun pepaya (Carica papaya Linn) dalam pakan terhadap bobot badan akhir, bobot karkas dan persentase karkas ayam broiler. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 10 Juli sampai dengan tanggal 15 Agustus 2016. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah DOC ayam broiler sebanyak 36 ekor, ransum dan tepung daun pepaya. Metode penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dimana setiap perlakuan di ulang 3 kali dan setiap ulangan terdiri dari 3 ekor. Perlakuan yang diterapkan adalah penambahan tepung daun papaya dalam pakan dengan level yang berbeda, yaitu P0 (tanpa penambahan tepung daun pepaya, sebagai kontrol), P1 (dengan penambahan tepung daun pepaya 1 %), P2 (dengan penambahan tepung daun pepaya 2 %) dan P3 (dengan penambahan tepung daun pepaya 3 %). 

Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan tepung daun pepaya secara statistik tidak dapat memberikan pengaruh nyata (P>0,05) meningkatkan bobot badan akhir, bobot karkas dan persentase karkas  ayam broiler, namun justru sebaliknya secara numerik semakin tinggi level penambahan tepung daun papaya justru menurunkan bobot badan akhir, bobot karkas, dan persentase karkas. 

Published
2017-11-22