Analisis Margin Pemasaran Komoditi Kacang Tanah (Arachis hypogaea l.) Di Kampung Karadiri 1 Distrik Wanggar Kabupaten Nabire,

  • SYUSANTIE SYLFIA SAIRDAMA, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: pemasaran, marjin pemasaran, pedagang, saluran pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan margin pemasaran kacang tanah di Kampung Karadiri 1 Distrik Wanggar Kabupaten Nabire.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang saluran pemasaran dan margin pemasaran kacang tanah, sebagai bahan masukan untuk pengambilan kebijakan oleh pemerintah dalam menyusun dan merumuskan kebijaksanaan dalam program peningkatan usahatani  serta  sebagai bahan informasi bagi peneliti lanjutan dan peneliti lain yang topiknya relevan dengan penulisan ini.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan sampel secara sengaja (purposive) untuk petani kacang sebanyak 20 petani responden dan secara Snowball sampling untuk pedagang yaitu sebanyak 4 orang pedagang pengumpul dan 6 orang pedagang pengecer.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran kacang tanah di lokasi penelitian yaitu saluran pertama dimana petani langsung menjual ke konsumen,pada saluran ini tidak ada margin pemasaran karena tidak melibatkan lembaga pemasaran. Saluran pemasaran ke dua dari petani kacang tanah dijual ke pedagang pengumpul dan pedagang pengumpul menjual ke konsumen akhir. Pada saluran kedua melibatkan lembaga pemasaran yaitu; pada pedagang pengumpul besar margin pemasaran Rp 1.666,67/kg, dan pada pedagang pengecer besar margin pemasaran yaitu Rp 5.000, sehingga total margin pemasaran pada saluran kedua sebesar Rp 6.666,67/kg.

Published
2017-11-22