PENGENALAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN GANTI NOPOL DAN GANTI PEMILIK KENDARAN BERMOTOR DI KANTOR UPPD/SAMSAT NABIRE BAGI SISWA SMK NEGERI 2 NABIRE

  • Sartje Mala Rangkoly, Uswim Program Studi Teknik Informatika, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Debbie Maroni Titaley, Uswim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Pengabdian Masyarakat, UPPD/SAMSAT Nabire,Pegenalan sistem informasi,Ganti Nopol dan ganti pemilik kendaraan bermotor.

Abstract

Pegenalan sistem informasi pendaftaran ganti Nopol dan ganti pemilik kendaraan bermotor di kantor UPPD/SAMSAT Nabire bagi siswa SMK Negeri 2 Nabire sangatlah penting, kususnya siswa jurusan Teknik Informatika, sebagai sarana pembelajaran secara nyata yang bisa memberikan gambaran apa yang bisa diaplikasikan setelah mereka lulus. Selain itu, diharpakan ada sarana informasi yang berlanjut dari siswa kepada teman-temanya lainnya serta keluarga dan masyarakat sekitar mereka.

Plat nomor kendaraan adalah sebuah objek yang berfungsi sebagai tanda pengenal dari sebuah kendaraan. Plat nomor kendaraan dapat digunakan untuk mengidentifikasi sebuah kendaraan secara unik. Sistem yang dapat mengenali plat nomor kendaraan secara otomatis dapat digunakan dalam berbagai macam skenario. 

Dengan kegiatan ini  sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan yang di miliki, pola pikir akan semakin berkembang dengan baik, serta mendapatkan ilmu. Pegenalan Selama melaksanakan kegiatan pengabidan masyarakat  di kantor UPPD/SAMSAT Nabire antara lain yaitu; Dapat berkomunikasi dengan masyarakan dengan baik secara langsung, Paham mengenai alur pembayaran pajak,Bisa mengoprasikan aplikasi SATLINE Pendaftaran, ERI, Penetapan, dan SAPA,Bisa Daftar perpanjangan STNK, Balik Nama, Mutasi Masuk di REGIDENT (Registrasi dan Identifikasi) Memahami lapisan warna Notice pajak, Paham mengenai kartu parkir, Bisa melakukan Gesek Nomor Mesin dan Nomor Rangka kendaraan, Bisa mengoprasikan mesin antrian, Bisa melakukan SAPA, Mengetahui kegunaan JASARAHARJA, Membuat laporan pendapatan kantor UPPD/SAMSAT Nabire, dan lain-lain.

Published
2022-08-26