ANALISIS KONSENTRASI MINYAK CENGKEH (Eugenia aromatica) DALAM TRANSPORTASI TERTUTUP SELAMA 5 JAM BAGI KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

  • Lamba Toding Palimbu, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: minyak cengkeh (eugenia aromatica), konsentrasi, analisis

Abstract

Penelitian Cengkeh (Eugenia aromatica) dan kelangsungan hidup ikan nila dilakukan pada bulan Juli 2015 di desa Siriwini Distrik Nabire Kabupaten Nabire. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Penggunaan minyak cengkeh dengan konsentrasi yang berbeda terhadap kelangsungan hidup ikan nila dalam transportasu tutup dan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi minyak cengkeh yang dapat membius ikan nila dalam transportasi tutup.

Mengetahui tingkat konsentrasi minyak cengke dalam kelangsungan hidup kan nila dalam hubungan dengan dosis minyak cengkeh yang berbeda, untuk mengetahui berapa banyak ikan nila vertelitas dan mortalitas yang relative. Pengamatan dilakukan selama penelitian itu berlangsung. Mengetahui konsenterasi minyak cengkeh yang diuji dalam kelangsungan hidup ikan nila pada konsentrasi minyak cengkeh yang berbeda. Kelangsungan hidup ikan nila yang di amati setelah penelitian berakhir dengan membandingkan antara populasi akhir dengan populasi awal, sehingga di peroleh hasil dalam prestasi.

Hasil analisis pengamatan perlakuan A (10 spesimen/kelangsungan ikan nila, masih tetap 10 ekor hidup), B (10 Spesimen/kelangsungan hidup ikan nila nila, 9 ekor ikan hidup masing-masing perlakuan kolom: B1, B2, B3, memberikan pengaruh yang besar ikan nila mampu bertahan hidup dalam transportasi tertutup selama 5 jam), C (10 spesimen/kelangsungan hidup ikan nila, perlakuan C1, 3 ekor hidup C2, 7 ekor hidup C3, 4 ekor hidup) memberikan pengaruh terhadap penurunan terhadap kelangsungan hidup nikan nila selama lima 5 jam hari ke tiga penelitian, D (10 spesimen dalam kelangsungan hidup ikan nila, perlakuan D1, 2 ekor hidup C2, 1 ekor hidup C3, 7 ekor hidup)  memberikan penurunan terhadap kelangsungan hidupikan nila (Oreochromis niloticus). Minyak Cengkeh diketahui memberikan nilai dosis yang berbedah pada setiap perlakuan. A (10 spesimen/3 tete) B, (10 spesimen/5 cc) C, (10 spesimen/0,7 cc) D, (10 Spesimen dengan minyak cengkeh 0,9 cc). Tingkat kelangsungan hidup Oreochromis niloticus. Selama 5 hari penelitian mencapai 100%.

Author Biography

Lamba Toding Palimbu, Uswim, Universitas Satya Wiyata Mandala

Program Studi Budidaya  Perairan Fakultas Perikanan Dan Kelautan

Universitas Satya Wiyata Mandala. Nabire, Papua

Published
2019-03-30