INVENTARISASI JENIS-JENIS LOBSTER AIR TAWAR (Cherax sp.) DI DANAU TIGI KAMPUNG WIDIMEI KABUPATEN DEIYAI

  • HENDRI S LEKATOMPESSY, uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
  • GRETHA W DA COSTA, uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Lobster air tawra, Cherax sp, Inventarization

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi  jenis lobster air tawar pada lokasi pengamatan sampel di peariran Danau Tigi.    Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei dan observasi langsung. Teknik survei dilakukan untuk menentukan titik pengamatan sampel. Sedangkan teknik observasi di lakukan untuk mengambil data tentang deskripsi lobster air tawar,kualitas-kualitas perairan,deskripsi ekologi perairan.

Lobster air tawar pada empat titik lokasi pengamatan sampel di temukan lima jenis lobster yaitu Cherax quardricarinatus, Chrax destructor, Cherax procabarus clarkii, Cherax longipes dan Cherax murido. Jumlah total hasil tangkapan 4067 spesies individu dimana Cherax  Longipes sebanyak 804 spesies, Cherax Quadricarinatus sebanyak 801 spesies, Cherax procabarus clarkii sebanyak 788 spesies, Chrax destructor sebanyak 835, Cherax murido sebanyak 839, pada empat titik pengamatan sampel. Jumlah tangkapan tertinggi jenis Chrax murido pada empat titik lokasi pengamatan sampel dan jumlah tangkapan terendah jenis Cherax  procambarus clarkii. Jumlah tangkapan tertinggi pada hari yang ke empat dan terendah pada hari  kedua.

Parameter kualitas air Danau Tigi adalah suhu berkisar 23 oC - 25 oC, pH air berkisar 6 -7, kecerahan berkisar antara 24 cm-30 cm.

Author Biographies

HENDRI S LEKATOMPESSY, uswim, Universitas Satya Wiyata Mandala

Program Studi Manajemen Sumberdaya  Perairan Fakultas Perikanan Dan Kelautan

Universitas Satya Wiyata Mandala. Nabire, Papua

GRETHA W DA COSTA, uswim, Universitas Satya Wiyata Mandala

Program Studi Budidaya  Perairan Fakultas Perikanan Dan Kelautan

Universitas Satya Wiyata Mandala. Nabire, Papua

Published
2019-03-30