ANALISIS NILAI MANFAAT LANGSUNG EKOSISTEM MANGROVE DI KAMPUNG AIR MANDIDI DISTRIK TELUK KIMI KABUPATEN NABIRE

  • JUNIATI TANDUK THOMAS, Uswim Program Budidaya Perairan Fak. Perikanan Dan Kelautan Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire
  • HENDRI S LEKATOMPESSY, Uswim Program Manajemen Sumberdaya Perairan Fak. Perikanan Dan Kelautan Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire
Keywords: Valuasi Ekonomi, Mangrove, Manfaat langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manfaat langsung yang dapat diperoleh dari hutan mangrove dan menganalisis nilai manfaat langsung hutan mangrove di Kampung Air Mandidi Distrik Teluk Kimi Kabupaten Nabire.  Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Mei sampai Juni 2022 di Kampung Air Mandidi Distrik Teluk Kimi Kabupaten Nabire.

Populasi penelitian adalah masyarakat yang memanfaatkan sumberdaya hutan mangrove di Kampung Air Mandidi  Distrik Teluk Kimi Kabupaten Nabire. Sampel responden adalah anggota masyarakat yang memperoleh manfaat dari hutan mangrove. Teknik pengambilan data sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode stratifikasi random sampling berdasarkan mata  pencaharian utama yaitu nelayan, pencari kayu bakar, pencari kepiting, pencari kerang dan pencari ikan. Responden adalah masyarakat yang mendapatkan manfaat dari hutan mangrove di Kampung Air Mandidi  Distrik  Teluk Kimi, Kabupaten Nabire dan jumlah responden sebanyak 20 % dari jumlah populasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk  pemanfaatan   yang  dilakukan   oleh  masyarakat di Kampung Air Mandidi  Distrik Teluk Kimi Kabupaten Nabire yaitu  manfaat kayu bakar, manfaat kepiting bakau, manfaat ikan dan manfaat kerang. Valuasi ekonomi total  mangrove  dari   manfaat  langsung ekosistem tersebut  adalah senilai  2.145.840.000.-  atau  senilai   Rp. 22.690.494.-  per hektar per tahun.

Published
2022-08-24