INVENTARISASI JENIS DAN PENYEBARAN IKAN PADA KAWASAN MANGROVE DI KAMPUNG ARUI DISTRIK MORA KABUPATEN NABIRE

  • SEFNAT MAREI, Uswim Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan Dan Kelautan Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Yan Maruanaya, Uswim Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan Dan Kelautan Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Inventarisasi jenis ikan, penyebaran ikan, kawasan mangrove

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui Tingkat kehadiran jenis ikan pada kawasan mangrove serta Kepadatan dan keanekaragaman jenis ikan pada kawasan mangrove di Kampung Arui Distrik Moora, Kabupaten Nabire. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2021.

Pengambilan sampel ikan yaitu dengan menggunakan jaring 2 (dua) inci sebanyak 5 (lima) unit yang dibentang diantara mengrove dan dibiarkan berlabuh selama penelitian. Pengambilan sampel ikan dilakukan pada siang dan malam hari kemudian sampel dimasukan dalam kantong plastik yang telah diberi label dan selanjutnya diawetkan dengan menggunakan alkohol 70%. Selain itu dilakukan koleksi bebas untuk melengkapi jumlah jenis. Ikan yang didapati selanjutnya diidentifikasi jenis menurut Lieske dan Robert (2001).

Untuk mengetahui ikan di lokasi mangrove tempat penelitian maka dilakukan analisis terhadap kepadatan, keanekaragaman dan indeks pengaruh terbesar.

Kepadatan jenis ikan dianalisis menggunakan metode deskriptif bertujuan memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta antar fenomena yang diselidiki di Kampung Arui.

Published
2022-03-26