IMPLEMENTASI REFORMASI BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN KALIBOBO DISTRIK NABIRE KABUPATEN NABIRE
Keywords:
Kualitas pelayanan, Kalibobo NabireAbstract
Kelambanan proses pelayanan di birokrasi seringkali dilakukan dengan berlindung di balik aturan dan prosedur formal yang terkadang sangat sulit untuk dapat dipenuhi oleh warga masyarakat. Masih terikat oleh aturan-aturan yang berbelit-belit, yang sebetulnya dapat disederhanakan, belum transparan sehingga kejelasan pelayanan menjadi kabur; belum memihak pada kepentingan rakyat, dan belum bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Birokrasi masih terkurung dalam budaya kerja yang bersandar pada mentalitas “minta petunjuk” pimpinan dalam setiap gerak langkahnya, sehingga banyak pola pengambilan keputusan pelayanan yang dirasa sangat lamban dan merugikan masyarakat pengguna layanan.
Masalah yang dikaji yaitu 1). Sejauh mana implementasi Reformasi Birokrasi terhadap Kualitas Pelayanan pada Kantor Kelurahan Kalibobo Distrik Nabire Kabupaten Nabire ? 2). Kendala apa saja yang dihadapi oleh aparat Kantor Kelurahan Kalibobo dalam mengimplementasikan konsep Reformasi Birokrasi terhadap Kualitas Pelayanan ? dan c). Bagaimana upaya yang dilakukan oleh aparat Kantor Kelurahan Kalibobo untuk mengimplementasikan Reformasi Birokrasi terhadap Kualitas Pelayanan ?
Metodologi yang digunakan yaitu dimana jumlah populasi yaitu jumlah keseluruhan pegawai pada Kantor Kelurahan Kalibobo sebanyak 18 responden denhgan menggunaka teknik penarikan sampel jenuh atau total sampling