PENTINGNYA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN PADA USAHA SOMEL PT. EKA DWIKA PERKASA KALIBOBO KABUPATEN NABIRE

  • Sisilia Gobai, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Eduard Lodewyk Pesiwarissa, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Letarius Tunjanan, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Kualitas Pelayanan dan Kepuasaan Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami hubungan antara variabel yaitu kualitas pelayanan pada variabel bebas dan kepuasaan pelanggan   pada variabel terikat. Dengan menggunakan metode deskriptif. objek penelitian berada di PT. Eka Dwika Perkasa Kalibobo Kabupaten Nabire Dengan sampel yang digunakan yaitu purposive  sampling berjumlah 70 orang.

Berdasarkan  hasil analisis data menunjukan bahwa kualitas pelayanan di PT. Eka Dwika Perkasa Kalibobo belum maksimal dikarenakan kurangnya system pelayanan dari pihak Soumel dalam hal ini karyawan dalam memberikan pelayanan dalam sikap dan penampilan kerja karyawan yang berpenampilan dengan pakaian seadanya dan tidak ada tenaga kerja yang khusus diberikan tanggung jawab dalam member pelayanan ketika konsumen datang sedangkan untuk kepuasan pelanggan dimana pelanggan lebih memperhatikan produk yang dihasilkan oleh pihak soumel dan juga penentuan harga yang diberikan sehingga ketika harganya terjangka tentunya pelanggan akan memilih PT. PT. Eka Dwika Perkasa Kalibobo

Published
2019-10-24