PENERAPAN SISTEM PEMASARAN TERHADAP HASIL PENJUALAN TERNAK BABI PADA KELOMPOK USAHA MANDIRI JAYA KELURAHAN KALIBOBO DISTRIK NABIRE KABUPATEN NABIRE

  • Lince Sondegau, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Petrus Izaach Suripatty, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Camelia Praestuti, Uswim Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Sistem Pemasaran dan Hasil Penjualan

Abstract

Peranserta swasta dalam pembangunan daerah sangatlah mendukung terhadap pertumbuhan pembangunan ekonomi daerah dikarenakan dengan adanya pihak swasta dapat membantu pemerintah dalam percepatan pertumbuhan ekonomi.

Untuk dapat menciptakan peluang bagi pihak swasta agar dapat beraktivitas didaerah tentunya pihak swasta harus mampu melakukan suatu strategi yang sekiranya dapat menjadi kelangsungan hidup swasta dalam melakukan rutinitas dan pencapaian tujuan usaha yang diharapkan

Mengingat pada keterbatasan waktu, tenaga dan biaya maka penulisan pembatasi permasalahn ini penulis batasi pada 1). Penerapan system pemasaran yang dilakukan oleh kelompok Usaha Mandiri Jaya dalam melakukan penjualan ternak babi dan 2). Hasil penjualan ternak babi yang dikelola oleh kelompok Usaha Mandiri jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan yang membeli ternak babi

Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling, dimana menurut Sugiyono (2011 : 93) dikatakan simple (sederhana) karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi sehingga sampel yang dapat dijadikan sebagai informan yang penulis butuhkan yaitu Karyawan sebanyak 5 orang dan Pembeli sebanyak 30 orang

Published
2019-10-24