CAKRAWALA ILMU Jurnal Ilmiah Pendidikan https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu <p>Cakrawala Ilmu, Jurnal Ilmiah Pendidikan &nbsp;terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam disiplin Keguruan dan Ilmu Pendidikan.&nbsp;Cakrawala Ilmu, Jurnal Ilmiah Pendidikan&nbsp;diterbitkan oleh Fakultas Keguruan &nbsp;dan Ilmu Pendidikan&nbsp;Universitas Satya Wiyata Mandala.</p> en-US Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA USE ON THE ENGLISH WRITING SKILLS OF STUDENTS AT SMP ANTONIUS NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/518 <p>This study aims to investigate the effect of social media use on the English writing skills of students at SMP Antonius Nabire, a private school in Papua, Indonesia. This study uses a quantitative method with an experimental approach. The subjects of this study are 30 eighth-grade students who are randomly selected from 120 eighth-grade students. Data are collected by using English writing tests and questionnaires. Data are analyzed by using t-test and correlation test. The results of this study show that social media use has a positive and significant effect on the English writing skills of students. Students also have various attitudes, interests, habits, and challenges in using social media to learn English writing. This study contributes to the development of theory and practice of English writing learning by using social media. This study also provides benefits for students, teachers, schools, and future researchers</p> A.A. A.A Whisnubrata, USWIM, Stefani Saboan, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/518 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI SMP NEGERI 2 NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/519 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan memberikan rekomendasi mengenai kesulitan belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Nabire, khususnya pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan subjek penelitian adalah siswa, guru, dan kepala sekolah SMP Negeri 2 Nabire. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar matematika dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal, seperti siswa, guru, materi, metode, media, lingkungan, dan kurikulum. Rekomendasi solusi untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menantang, dan mendukung, memberikan kesempatan dan bimbingan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan matematika, serta melakukan koordinasi, kolaborasi, dan komunikasi yang baik antara semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini sejalan dengan penelitian terdahulu yang juga meneliti kesulitan belajar matematika siswa dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini juga memberikan kontribusi baru dalam mengungkap dan menganalisis kesulitan belajar matematika siswa di wilayah Papua, yang memiliki karakteristik dan tantangan tersendiri dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti hanya berfokus pada satu materi matematika, hanya melibatkan satu sekolah, dan hanya menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dan inspirasi untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan kesulitan belajar matematika siswa, khususnya di wilayah&nbsp;Papua. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan meneliti materi-materi lain, sekolah-sekolah lain, atau menggunakan metode penelitian kuantitatif.</p> Jodi Bongga Bulawan, USWIM, Ronald Manibuy, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/519 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI BILANGAN DI SMA PKMB EL-ZHADAI NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/520 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teori belajar konstruktivistik dalam pembelajaran matematika pada materi operasi bilangan di PKBM EL-ZHADAI NABIRE. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah 40 siswa program paket C setara dengan SMA di PKBM EL-ZHADAI NABIRE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, uji ANOVA, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari teori belajar konstruktivistik terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) terdapat pengaruh interaksi antara teori belajar konstruktivistik dan materi operasi bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar matematika dan sikap positif siswa terhadap matematika.</p> Kristina Yatipai, USWIM, Yuly Tappi, USWIM, Ancelina Butu, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/520 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/521 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teori belajar kognitif dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi statistika di kelas XI SMA Negeri 1 Nabire dan mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan matematika yang terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan uraian yang mencakup indikator pemahaman, penerapan, dan pemecahan masalah pada materi statistika. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik inferensial, yaitu uji t berpasangan (paired sample t-test) dan uji t independen (independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari implementasi teori belajar kognitif dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman, penerapan, dan pemecahan masalah matematika siswa pada materi statistika di kelas XI SMA Negeri 1 Nabire. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi siswa, guru, sekolah, dan pengembangan ilmu pengetahuan.</p> Kondo Korani, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/521 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 STUDI KASUS TENTANG KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 9 NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/522 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ketersediaan sumber belajar matematika dan pengaruhnya terhadap proses dan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 9 Nabire. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus sebagai pendekatannya. Subjek penelitian adalah guru dan siswa matematika kelas VIII di SMP Negeri 9 Nabire. Subjek penelitian adalah ketersediaan sumber belajar matematika di sekolah, yang meliputi buku teks, lembar kerja siswa, alat peraga, media elektronik, dan laboratorium matematika. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan sumber belajar matematika di sekolah dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, serta memberikan dampak positif dan negatif terhadap proses dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak sekolah dan pihak terkait untuk meningkatkan ketersediaan sumber belajar matematika di sekolah. Penelitian ini sejalan dengan beberapa penelitian terdahulu yang berkaitan dengan topik yang sama</p> Novika Ruth Yogi, USWIM, Suryati Mangallo, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/522 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK KELAS lX SMP YPPK ST. ANTONIUS https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/523 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran diferensiasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP YPPK ST. ANTONIUS Nabire tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan satu siklus. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas IX SMP YPPK ST. ANTONIUS Nabire. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah siklus I. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil <em>pre test</em>&nbsp;yang dilakukan pada awal pertemuan, diperoleh hasil belajar siswa yaitu 4 orang siswa yang tuntas (13.33%) dan 26 orang siswa yang tidak tuntas (86.67%) dan rata-rata yaitu 56.76% dengan KKM yaitu 70. hasil post test yang dilakukan proses pembelajaran diferensiasi, diperoleh hasil belajar siswa yaitu 28 orang siswa yang tuntas (93.33%) dan 2 orang siswa yang tidak tuntas (6.67%) dan rata-rata yaitu 87.26% dengan KKM yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, khususnya materi bangun ruang sisi lengkung. Pembelajaran diferensiasi juga dapat meningkatkan berbagai aspek lain yang berkaitan dengan pembelajaran matematika, seperti aktivitas, motivasi, kemandirian, kreativitas, kerjasama, tanggung jawab, keterampilan metakognitif, reflektif, dan evaluatif siswa. Oleh karena itu, pembelajaran diferensiasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pengajaran yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di abad 21.</p> Feni Dwi Karmelita, USWIM, Yulianti Mangallo, USWIM, Ebit Rusali, SMP YPPK ST. ANTONIUS ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/523 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 STUDI KASUS TENTANG PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI INPRES 02 SANOBA https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/524 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Inpres 02 Sanoba. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa kelas IV SD Negeri Inpres 02 Sanoba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA dilakukan dengan berbagai cara yang sesuai dengan karakteristik lingkungan sekolah yang kaya akan sumber belajar IPA, (2) faktor-faktor yang memengaruhi pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA adalah faktor internal dan faktor eksternal, (3) dampak pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA terhadap minat dan motivasi siswa adalah positif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran IPA di sekolah dasar yang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang efektif dan inovatif.</p> Nova Telussa, SD Negeri Inpres 02 Sanoba, Andini Sariwanti Bassi Lottong, SD Negeri Inpres 02 Sanoba, Johnson Kabi, SMA YPK Tabernakel ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/524 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS KEBUTUHAN PSIKOLOGIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENURUT PERSPEKTIF TEORI HUMANISTIK PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/526 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan psikologis siswa dalam pembelajaran matematika menurut perspektif teori humanistik, faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta implikasinya bagi peningkatan kualitas pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Nabire. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan psikologis siswa dalam pembelajaran matematika menurut perspektif teori humanistik terdiri dari tiga aspek, yaitu kebutuhan akan otonomi, kompetensi, dan keterkaitan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemenuhan kebutuhan psikologis siswa dalam pembelajaran matematika menurut perspektif teori humanistik meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Implikasi pemenuhan kebutuhan psikologis siswa dalam pembelajaran matematika menurut perspektif teori humanistik bagi peningkatan kualitas pembelajaran matematika adalah bahwa pembelajaran matematika seharusnya dapat memberikan kesempatan dan fasilitas bagi siswa untuk mengekspresikan diri, berkreasi, dan berinteraksi dengan guru dan teman dalam menyelesaikan masalah matematika, serta memberikan umpan balik, pujian, dan dukungan&nbsp;yang konstruktif dan hangat kepada siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan pembelajaran matematika yang humanistik, yang dapat memenuhi kebutuhan psikologis siswa dan meningkatkan potensi dan aktualisasi diri siswa sebagai makhluk yang unik dan berharga, serta melatih kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif siswa dalam menghadapi tantangan di masa depan.</p> Fransiska Hadia, USWIM, Yuliana Olga S. Sabon, USWIM, Egista Jeria, SMP NEGERI 3 NABIRE ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/526 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS VII SMP KRISTEN ANAK PANAH NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/528 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Kristen Anak Panah Nabire. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di SMP. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan matematika, serta memberikan manfaat bagi guru, siswa, sekolah, dan masyarakat.</p> Maria Nawipa, USWIM, Dorlince Senandi, USWIM, Oktopina Gobai, SMP KRISTEN ANAK PANAH ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/528 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN DAN BERMAKNA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA YPK TABERNAKEL https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/529 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan bermakna dengan pendekatan pendidikan karakter di SMA YPK Tabernakel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 30 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan karakter di SMA YPK Tabernakel merupakan salah satu upaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai, sikap, dan perilaku yang baik dalam pembelajaran matematika, (2) pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan karakter berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif dan aspek afektif siswa, dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan karakter di SMA YPK Tabernakel adalah peran guru, peran siswa, lingkungan belajar, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan materi pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan matematika, serta memberikan manfaat bagi guru, siswa, sekolah, dan masyarakat.</p> Albertha Iyai, USWIM, Suardiman Dayadi, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/529 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH LITERASI NUMERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 03 NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/530 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi numerasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 03 Nabire. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus meliputi keempat tahap tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang mengintegrasikan literasi numerasi di kelas III SD Negeri 03 Nabire telah berhasil meningkatkan prestasi belajar matematika siswa secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai tes awal dan tes akhir siswa pada setiap siklus, serta dari peningkatan rata-rata gain score siswa dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini juga memberikan manfaat bagi siswa, guru, dan sekolah, antara lain: siswa menjadi lebih berkompeten dalam literasi numerasi, guru menjadi lebih profesional dalam pembelajaran matematika, dan sekolah menjadi lebih berkualitas dalam pendidikan dasar. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan, bahan masukan, dan inspirasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengembangan literasi numerasi di jenjang pendidikan dasar, khususnya dalam pembelajaran matematika.</p> Tut Hidayatillah, USWIM, Ririn Riani Saleda, USWIM, Elisabet Kegou, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/530 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK YASAKI NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/531 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi teori belajar konstruktivistik dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas XI di SMK Yasaki Nabire. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI SMK Yasaki Nabire, terdiri dari 15 siswa jurusan teknik mesin dan 15 siswa jurusan teknik listrik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) guru matematika telah merencanakan dan melaksanakan pembelajaran matematika yang sesuai dengan teori belajar konstruktivistik dengan memperhatikan aspek-aspek seperti tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media dan bahan ajar, penilaian pembelajaran, dan sumber belajar, (2) siswa telah menunjukkan hasil belajar matematika yang sesuai dengan teori belajar konstruktivistik, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor, (3) implementasi teori belajar konstruktivistik dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas XI di SMK Yasaki Nabire dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung dan penghambat, yang perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh guru, siswa, sekolah, orang tua, masyarakat, dan dinas pendidikan. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru, siswa, sekolah, orang tua, masyarakat, dan dinas pendidikan terkait dengan pembelajaran matematika yang sesuai dengan teori belajar konstruktivistik di SMK</p> Selfiana Marice Faknik, USWIM, Refly Umpel, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/531 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI KELAS V SD INPRES NEGERI KALIBOBO https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/533 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Inpres Negeri Kalibobo dengan menggunakan media gambar dinamis berupa video dan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas V SD Inpres Negeri Kalibobo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dinamis berupa video dan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa secara signifikan. Rata-rata nilai tes menulis puisi siswa meningkat dari 64,67 menjadi 86,67. Persentase siswa yang mencapai nilai minimal 75 meningkat dari 40% menjadi 93,33%. Gain score dari hasil tes menulis puisi siswa adalah 0,47. Aspek-aspek keterampilan menulis puisi siswa yang mengalami peningkatan adalah aspek isi, bahasa, dan teknik. Proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar dinamis dan metode diskusi berjalan dengan lancar dan efektif. Siswa tampak tertarik, antusias, dan kreatif dalam menulis puisi. Siswa juga dapat bekerja sama, berkomunikasi, dan berekspresi dengan baik dalam diskusi dan presentasi. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media gambar dinamis berupa video dan metode diskusi sebagai media dan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa di sekolah dasar.</p> Jasmari ., USWIM, Riska Nopita Sari, USWIM, Juventer Telussa, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/533 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DARI BAHAN BEKAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SD IS KIJNE WADIO NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/534 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SD IS Kijne Wadio Nabire dengan menggunakan alat peraga dari bahan bekas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan alat peraga dari bahan bekas yang sesuai dengan materi matematika yang diajarkan, yaitu penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siklus I dan perkalian dan pembagian bilangan bulat pada siklus II. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dokumen pembelajaran, dan tes hasil belajar matematika berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa model analisis interaktif yang terdiri dari empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dari bahan bekas dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SD IS Kijne Wadio Nabire. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata skor hasil belajar matematika siswa dari pretest ke posttest pada setiap siklus. Nilai t hitung pada setiap siklus juga lebih besar dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan alat peraga dari bahan bekas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di SD IS Kijne Wadio Nabire diterima. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dari bahan bekas dapat meningkatkan&nbsp;</p> <p>keterlibatan, kerjasama, kreativitas, dan pemahaman siswa selama pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata skor observasi pada setiap siklus. Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dari bahan bekas. Penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai tujuan penelitian. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru, siswa, orang tua, dan peneliti selanjutnya untuk memanfaatkan alat peraga dari bahan bekas sebagai media pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik. Penelitian ini juga memberikan saran bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian yang serupa atau berkaitan dengan topik ini dengan menggunakan alat peraga dari bahan bekas yang berbeda atau materi matematika yang berbeda.</p> Cesilius Tekege, USWIM, Dominggus Paulus Situru, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/534 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2023 DI SMKS YASHAKI KEMARITIMAN NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/535 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teori belajar behavioristik dalam pembelajaran matematika berdasarkan Kurikulum 2023 pada siswa di SMKS Yashaki Kemaritiman Nabire, pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika siswa, dan persepsi siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara, dan teknik analisis data berupa analisis tematik. Penelitian ini menghasilkan tiga tema utama, yaitu proses pembelajaran matematika dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023, persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023, dan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru menerapkan teori belajar behavioristik dalam pembelajaran matematika berdasarkan Kurikulum 2023 dengan langkah-langkah yang sesuai dengan prinsip-prinsip teori tersebut, serta sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan Kurikulum 2023. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023 bervariasi, antara menyukai dan tidak menyukai. Siswa memberikan saran-saran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023 adalah faktor internal siswa, faktor eksternal siswa, dan faktor pembelajaran matematika. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan teori dan praktik pembelajaran matematika dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023.</p> Laurina F. Faknik, USWIM, Damiana Taniket, SMKS Yashaki Kemaritiman ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/535 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 KWATISORE KABUPATEN NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/536 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kwatisore Kabupaten Nabire. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dengan sampel sebanyak 30 siswa yang dipilih secara simple random sampling dari populasi sebanyak 90 siswa. Penelitian ini menggunakan angket untuk mengukur minat belajar siswa dan tes untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan prestasi belajar matematika siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,57 dan nilai uji t sebesar 3,76. Artinya, semakin tinggi minat belajar siswa terhadap matematika, maka semakin tinggi pula prestasi belajar matematika mereka, dan sebaliknya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa minat belajar siswa terhadap matematika termasuk dalam kategori sedang, sedangkan prestasi belajar matematika siswa termasuk dalam kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat ruang untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan matematika. Hasil penelitian ini juga dapat memberikan informasi dan masukan bagi guru matematika, siswa, dan pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran matematika.</p> Antomina Yuliana Sayori, USWIM, Arlius Sabami, SMP Negeri 2 Kwatisore ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/536 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SD NEGERI 01 NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/537 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri-TPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Nabire, yang berjumlah 32 orang. Data penelitian diperoleh dari penilaian tes keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan statistik deskriptif untuk mengolah dan menginterpretasi data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri-TPS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap siswa terhadap model pembelajaran inkuiri-TPS dalam pembelajaran PPKN secara signifikan. Rata-rata skor keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dari 66,88 menjadi 97,50, dengan persentase kenaikan sebesar 45,77%.</p> Jovial Kaihatu, USWIM, Santji Afi Rangkoly, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/537 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 Meningkatkan Kemampuan Speaking Siswa SMA Menggunakan Problem Based Learning Berbentuk Podcast https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/560 <p><strong>:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai kemampuan <em>speaking</em> sebelum dan sesudah diterapkannya model <em>Problem Based Learning </em>(PBL) berbentuk podcast pada materi <em>hortatory exposition</em>. Penelitian ini merupakan Penelitian kuantitatif <em>pre-experimental design </em>dengan<em> one group pretest-post-test</em>. Subjek pada penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 3 Tuban yang terdiri dari 14 laki-laki dan 22 perempuan. Data dikumpulkan menggunakan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan menggunakan Paired T-test melalui <em>software </em>SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan speaking siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 3 Tuban sebelum dan sesudah diberi penugasan podcast yang ditunjukkan dengan nilai T hitung sebesar -3.452 dengan signifikansi 0.001 (&lt; 0,05).</p> Yasmiatun ., SMA Negeri 3 Tuban, Almas Rizkika Nabila, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/560 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 STUDI EKSPERIMEN TENTANG PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 NABIRE https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/566 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nabire. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design, dengan subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nabire. Data hasil belajar matematika siswa diperoleh dengan tes tertulis berbentuk pilihan ganda, yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah penerapan model discovery learning dalam pembelajaran matematika, dengan materi tentang bilangan bulat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t berpasangan, untuk melihat perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest siswa.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nabire. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor pretest siswa yaitu 55.67% dan posttest siswa yaitu 78.33, serta nilai N-gain 0.52% yang menunjukkan kriteria sedang. Selain itu, hasil uji t yaitu 10.23 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest dan posttest siswa. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nabire.</p> Tut Hidayatillah, USWIM ##submission.copyrightStatement## https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/566 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000