STRATEGI KOMUNIKASI DOSEN PADA MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS SATYA WIYATA MANDALA NABIRE – PAPUA TENGAH

Authors

  • Almas Rizkika Nabila, USWIM Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Stefani Saboan, USWIM Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Satya Wiyata Mandala

Keywords:

strategi komunikasi, interaksi, proses komunikasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam bentuk studi lapangan yang bertujuan untuk melihat bagaimana Dosen berinteraksi dengan Mahasiswa pada saat pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Materi bahasa inggris, utamanya bagi Mahasiswa baru biasanya menjadi momok yang menakutkan, sehingga dibutuhkan peran Dosen didalamnya untuk berinteraksi dengan baik dengan Mahasiswa. Dosen yang mengampu mata kuliah Bahasa Inggris menjadi subjek pengamatan pada studi lapangan ini. Penulis melakukan observasi selama empat kali dikelas yang sama untuk melihat kecenderungan strategi komunikasi yang biasa digunakan Dosen ketika berinteraksi dengan Mahasiswa. Lembar instrumen penelitian juga disiapkan umtuk mengamati jenis-jenis komunikasi apa saja yang muncul dalam untuk kemudian dideskripsikan sesuai dengan hasil di lapangan. Hasil dari studi lapangan menunjukkan jika Dosen melakukan beberapa strategi komunikasi berupa parafrase, transfer dan avoidance untuk membuat Mahasiswa mudah dan mengerti materi Bahasa Inggris yang diajarkan

Downloads

Published

2024-06-30