Meningkatkan Kemampuan Speaking Siswa SMA Menggunakan Problem Based Learning Berbentuk Podcast
Keywords:
: Speaking; Podcast; Problem Based Learning (PBL); Hortatory exposition.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai kemampuan speaking sebelum dan sesudah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) berbentuk podcast pada materi hortatory exposition. Penelitian ini merupakan Penelitian kuantitatif pre-experimental design dengan one group pretest-post-test. Subjek pada penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 3 Tuban yang terdiri dari 14 laki-laki dan 22 perempuan. Data dikumpulkan menggunakan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan menggunakan Paired T-test melalui software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan speaking siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 3 Tuban sebelum dan sesudah diberi penugasan podcast yang ditunjukkan dengan nilai T hitung sebesar -3.452 dengan signifikansi 0.001 (< 0,05).