PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN DAN BERMAKNA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA YPK TABERNAKEL
Keywords:
Pembelajaran Matematika, Menyenangkan dan Bermakna, Pendidikan KarakkterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan bermakna dengan pendekatan pendidikan karakter di SMA YPK Tabernakel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 30 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan karakter di SMA YPK Tabernakel merupakan salah satu upaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai, sikap, dan perilaku yang baik dalam pembelajaran matematika, (2) pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan karakter berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif dan aspek afektif siswa, dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan karakter di SMA YPK Tabernakel adalah peran guru, peran siswa, lingkungan belajar, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan materi pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan matematika, serta memberikan manfaat bagi guru, siswa, sekolah, dan masyarakat.