PENGGUNAAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS IV SD KRISTEN AGAPE TERPADU

  • Jasmari ., USWIM Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Dominggus Paulus Situru, USWIM Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: metode Jigsaw, membaca puisi, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas IV SD Kristen Agape Terpadu melalui penerapan metode Jigsaw. Menggunakan desain penelitian tindakan kelas, studi ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi, tes praktik membaca puisi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca puisi siswa. Pada siklus I, 60,71% siswa mencapai nilai KKM dengan rata-rata kelas 68,75. Siklus II menunjukkan peningkatan dengan 85,71% siswa mencapai KKM dan rata-rata nilai meningkat menjadi 78,93. Peningkatan terlihat dalam aspek lafal, intonasi, ekspresi, dan penghayatan. Metode Jigsaw terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan kolaboratif, meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan metode ini meliputi pembelajaran aktif, tanggung jawab individual, dan peer teaching. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Jigsaw dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa sekolah dasar, dengan catatan pentingnya persiapan yang matang dan pemahaman prosedur yang baik oleh siswa dan guru

Published
2024-06-30