MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS X SMA YPK TABERNAKEL

  • Suharto ., USWIM Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Suardiman Dayadi, USWIM Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Refly J. Umpel, USWIM Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: alat peraga manipulatif, pemahaman konsep matematika, penelitian tindakan kelas, partisipasi siswa, pembelajaran interaktif

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui penggunaan alat peraga manipulatif. Penelitian dilakukan dalam pada siswa kelas X.MIA 2 yang berjumlah 36 orang dan dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematika siswa, dengan rata-rata nilai tes pemahaman meningkat dari 55 sebelum tindakan menjadi 85 setelah tindakan. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran, menunjukkan antusiasme yang tinggi dan keterlibatan yang lebih besar dalam diskusi kelompok. Meskipun terdapat beberapa siswa yang masih menghadapi kesulitan dalam memahami konsep yang lebih kompleks, namun secara keseluruhan penggunaan alat peraga manipulatif merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, serta dapat menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan

Published
2024-06-30