STUDI EKSPERIMEN TENTANG PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 NABIRE

  • Tut Hidayatillah, USWIM Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Studi Eksperimen, Model Discovery Learning, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nabire. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design, dengan subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nabire. Data hasil belajar matematika siswa diperoleh dengan tes tertulis berbentuk pilihan ganda, yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah penerapan model discovery learning dalam pembelajaran matematika, dengan materi tentang bilangan bulat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t berpasangan, untuk melihat perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nabire. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor pretest siswa yaitu 55.67% dan posttest siswa yaitu 78.33, serta nilai N-gain 0.52% yang menunjukkan kriteria sedang. Selain itu, hasil uji t yaitu 10.23 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest dan posttest siswa. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nabire.

Published
2023-12-30