Meningkatkan Kemampuan Speaking Siswa SMA Menggunakan Problem Based Learning Berbentuk Podcast

  • Yasmiatun ., SMA Negeri 3 Tuban SMA Negeri 3 Tuban
  • Almas Rizkika Nabila, USWIM Program Studi Bahasa Inggris Universitas Satya Mandala
Keywords: Speaking; Podcast; Problem Based Learning (PBL); Hortatory exposition

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai kemampuan speaking sebelum dan sesudah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) berbentuk podcast pada materi hortatory exposition. Penelitian ini merupakan Penelitian kuantitatif pre-experimental design dengan one group pretest-post-test. Subjek pada penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 3 Tuban yang terdiri dari 14 laki-laki dan 22 perempuan. Data dikumpulkan menggunakan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan menggunakan Paired T-test melalui software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan speaking siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 3 Tuban sebelum dan sesudah diberi penugasan podcast yang ditunjukkan dengan nilai T hitung sebesar -3.452 dengan signifikansi 0.001 (< 0,05).

Published
2023-12-30