PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SD NEGERI 01 NABIRE

  • Jovial Kaihatu, USWIM Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Santji Afi Rangkoly, USWIM Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: model pembelajaran, inkuiri, TPS, berpikir kritis, PPKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri-TPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Nabire, yang berjumlah 32 orang. Data penelitian diperoleh dari penilaian tes keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan statistik deskriptif untuk mengolah dan menginterpretasi data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri-TPS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap siswa terhadap model pembelajaran inkuiri-TPS dalam pembelajaran PPKN secara signifikan. Rata-rata skor keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dari 66,88 menjadi 97,50, dengan persentase kenaikan sebesar 45,77%.

Published
2023-12-30