IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2023 DI SMKS YASHAKI KEMARITIMAN NABIRE

  • Laurina F. Faknik, USWIM Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Damiana Taniket, SMKS Yashaki Kemaritiman SMKS Yashaki Kemaritiman Nabire
Keywords: teori belajar behavioristik, pembelajaran matematika, Kurikulum 2023, hasil belajar matematika, persepsi siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teori belajar behavioristik dalam pembelajaran matematika berdasarkan Kurikulum 2023 pada siswa di SMKS Yashaki Kemaritiman Nabire, pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika siswa, dan persepsi siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara, dan teknik analisis data berupa analisis tematik. Penelitian ini menghasilkan tiga tema utama, yaitu proses pembelajaran matematika dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023, persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023, dan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru menerapkan teori belajar behavioristik dalam pembelajaran matematika berdasarkan Kurikulum 2023 dengan langkah-langkah yang sesuai dengan prinsip-prinsip teori tersebut, serta sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan Kurikulum 2023. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023 bervariasi, antara menyukai dan tidak menyukai. Siswa memberikan saran-saran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023 adalah faktor internal siswa, faktor eksternal siswa, dan faktor pembelajaran matematika. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan teori dan praktik pembelajaran matematika dengan menggunakan teori belajar behavioristik berdasarkan Kurikulum 2023.

Published
2023-12-30